PKPI Laporkan Dana Kampanye Rp 6,29 Miliar, Terbanyak Buat APK

Kompas.com - 01/05/2019, 20:51 WIB
PKPI Serahkan Laporan Dana Kampanye di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu (1/5/2019).Kompas.com/Fitria Chusna Farisa PKPI Serahkan Laporan Dana Kampanye di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu (1/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia ( PKPI) menyerahkan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK).

Menurut Bendahara Umum PKPI Vera Imeldasari, total dana yang diterima mencapai Rp 6,29 miliar. Sedangkan dana yang dikeluarkan Rp 6,28 miliar.

"Sisa Rp 1 juta, sekarang posisinya ada di rekening dana kampanye kita," kata Vera saat menyerahkan LPPDK ke kantor akuntan publik (KAP) yang ditunjuk Komisi Pemilihan Umum (KPU), bertempat di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu (1/5/2019)

Menurut Vera, sumbangan dana kampanye paling banyak didapat dari sumhangan internal partai, bukan dari perusahaan.


Baca juga: KPU: Besok Hari Terakhir Peserta Pemilu Serahkan Laporan Dana Kampanye

Dana tersebut mayoritas digunakan untuk pembuatan Alat Peraga Kampanye (APK). Selain itu, ada pula pembelanjaan spanduk, cetak dan pasang baliho, rapat, konsumsi, operasional kampanye, hingga transportasi kampanye.

Vera menyebut, pengeluaran dana kampanye setiap caleg tidak sama satu sama lain.

"Enggak semuanya sama sih. Jadi ada yang mereka aktif, ada yang juga so so lah. Jadi mereka tidak banyak pengeluaran, mislanya mereka bikin kartu nama, spanduk, flayer, itu paling pengeluaran bisa 5-10 juta lah," ujarnya.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X