INFOGRAFIK: Cara Melapor jika Temukan Kesalahan pada Situng KPU

Kompas.com - 29/04/2019, 15:14 WIB
CARA LAPOR KESALAHAN DATA ENTRY SITUNG KPU KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoCARA LAPOR KESALAHAN DATA ENTRY SITUNG KPU

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih terus bekerja melakukan penghitungan suara Pemilu 2019.

Situng juga berfungsi sebagai alat kontrol masyarakat atas proses rekapitulasi suara.

Menurut KPU, Situng dibuat sebagai bentuk transparansi lembaganya kepada publik. Oleh karena itu, masyarakat bisa melapor ke KPU jika menemukan kesalahan entry data scan C1 ke Situng. 

Kesalahan atau kekeliruan data yang ditampilkan pada situng berulang kali disampaikan. Jika setelah dilakukan pengecekan ternyata ada kekeliruan, maka KPU akan segera mengoreksinya.

Situng bukan merupakan hasil resmi yang akan ditetapkan KPU. Situng hanya rujukan bagi publik untuk memantau proses rekapitukasi suara.

Simak infografik berikut untuk mengetahui cara mengecek dan melaporkan jika Anda menemukan adanya kesalahan atau kekeliruan pada data yang ditampilkan oleh situng KPU:

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: CARA LAPOR KESALAHAN DATA ENTRY SITUNG KPU

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X