Ketua KPU: Terlalu Dini untuk Simpulkan Pemilu 2019 Curang

Kompas.com - 27/04/2019, 16:24 WIB
Arief Budiman KOMPAS.com/HaryantipuspasariArief Budiman

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Arief Budiman meminta publik tak terburu-buru menyimpulkan berhasil atau tidaknya Pemilu 2019. Sebab, saat ini tahapan pemilu masih terus berjalan.

"Menyimpulkan bahwa Pemilu 2019 gagal, Pemilu 2019 curang, menurut saya terlalu dini," kata Arief dalam diskusi berjudul Silent Killer Pemilu Serentak 2019 di kawasan Jakarta Pusat, Sabtu (27/4/2019).

Arief menekankan, pelaksanaan Pemilu 2019 berjalan transparan. Masyarakat maupun peserta pemilu bisa memantau proses pemungutan, penghitungan, hingga rekapitulasi suara.

Baca juga: Habis Pemilu, Terbitlah Tudingan Curang...

Tak hanya itu, Arief juga mengklaim, partisipasi masyarakat pada pemilu juga tergolong tinggi.

"Yang jelas saya sampaikan, bahwa Pemilu 2019 adalah pemilu yang sangat transparan. Itulah yang kemudian memunculkan partisipasi banyak pihak di banyak tempat," ujar Arief.

Arief menambahkan, setelah seluruh tahapan pemilu selesai, pihaknya bakal menggelar evaluasi. Gagal tidaknya pemilu dapat diketahui setelah proses evaluasi.

"Jadi silakan menyimpulkan apakah ini gagal atau apakah ini curang, nanti setelah seluruh proses selesai mari kita evaluasi sama-sama," kata Arief.

Baca tentang
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X