Datangi KPU, Bawaslu Pastikan Input Data Situng Lebih Teliti

Kompas.com - 26/04/2019, 16:58 WIB
Ketua Bawaslu Abhan dan Ketua KPU Arief Budiman di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019). Kompas.com/Fitria Chusna FarisaKetua Bawaslu Abhan dan Ketua KPU Arief Budiman di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Jumat (26/4/2019) sore.

Kehadiran Bawaslu dalam rangka melakukan pengawasan, khususnya terkait dengan Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng).

"Bawaslu menjalankan fungsi pengawasan, hadir langsung ke KPU dan memastikan proses pelaksanaan kegiatan bisa berjalan baik," kata Ketua KPU Arief Budiman di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat.

Baca juga: Situng KPU Data 35,85 Persen: Jokowi-Maruf 56,07 Persen, Prabowo-Sandiaga 43,93 Persen

Ketua Bawaslu Abhan mengatakan, beberapa hari sebelumnya, pihaknya telah mengirimkan surat kepada KPU terkait dengan persoalan salah memasukkan data scan C1 ke Situng.

Bawaslu juga meminta KPU untuk lebih teliti lagi ketika melakukan proses input data. Hal ini untuk menjamin akurasi data Situng.

Kehadiran Bawaslu ke KPU salah satunya untuk memastikan yang bersangkutan telah menjalankan rekomendasi mereka.

Baca juga: KIP: Situng KPU Seharusnya Dapat Membangun Kepercayaan Publik

"Hari ini kami memastikan apakah rekomendasi kami yang sudah dijalankan atau belum. Kami sudah ditunjukan kepada tim yang mengerjakan itu, dan respons baik bahwa apa yang kami harapkan sudah ditindaklanjuti KPU," ujar Abhan.

Abhan berharap, respons baik dari KPU ini dapat diteruskan oleh jajaran KPU daerah.

Namun demikian, Abhan meminta masyarakat untuk memahami lamanya proses input data ke Situng lantaran KPU tak hanya input data, tetapi juga melakukan revisi.

"Harus dipahami kenapa rekap di PPK berjalan agak lambat dan lama, karena membetulkan hal-hal tadi yang salah-salah itu," katanya.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X