Para Elite Politik Diimbau Beri Komentar Menyejukkan seperti Sandiaga

Kompas.com - 26/04/2019, 08:11 WIB
Pengamat politik Adi Prayitno saat acara diskusi bertajuk Analisis Hasil Survei: Mengapa Bisa Beda?, di Upnormal Coffee, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (26/3/2019). KOMPAS.com/Devina HalimPengamat politik Adi Prayitno saat acara diskusi bertajuk Analisis Hasil Survei: Mengapa Bisa Beda?, di Upnormal Coffee, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (26/3/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno, mengapresiasi pernyataan-pernyataan yang dilontarkan calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno.

Menurut dia, pasca pemungutan suara Pemilu 2019, pernyataan Sandiaga cukup menyejukkan.

Adi mengimbau agar para elite politik melakukan hal yang sama seperti Sandiaga untuk menurunkan tensi pasca-pemilu.

"Butuh banyak orang seperti Sandi. Sandi yang lain, 01, 02, tim sukses, elite-elite yang berkepentingan dengan pilpres, untuk menyejukkan keadaan," kata Adi saat dihubungi Kompas.com, Kamis (25/4/2019) malam.

Baca juga: Sandiaga, Imbauan Tak Terpecah Belah, dan Keyakinan terhadap Pemilu yang Jujur...

Ia mencontohkan, pernyataan Sandiaga yang menyatakan keyakinannya bahwa pemilu berjalan jujur dan adil.

Menurut Adi, pernyataan tersebut menunjukkan kedewasaan berpolitik. Ia menilai, Sandiaga cukup rasional dalam melontarkan komentar.

"Itu tentu satu statement politik yang cukup dewasa, yang cukup menyejukkan, di tengah kecenderungan orang-orang mendelegitimasi kinerja KPU," kata Adi.

Adi mengatakan, pemilu hanya akan menyisakan kegaduhan jika tidak disertai dengan kepercayaan terhadap penyelenggara pesta demokrasi tersebut.

Baca juga: Sandiaga: Saya Meyakini bahwa Pemilu Ini Jujur dan Adil

Sebelumnya, Sandiaga mengatakan yakin bahwa Pemilu 2019 berjalan adil dan jujur.

Ia pun mengaku tak berbeda prinsip dengan calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto.

"Enggak ada (perbedaan persepsi), saya enggak punya perbedaan pandangan yang prinsip dan strategis terhadap Pak Prabowo. Saya meyakini bahwa Pemilu ini jujur dan adil," kata Sandiaga saat mengunjungi Gor Radio Dalam, tempat penghitungan suara Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (24/4/2019).

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X