"Kalau 'Nyebut' Curang, Manipulasi, Beban Pembuktian kepada yang Ngomong"

Kompas.com - 25/04/2019, 06:03 WIB
Pelaksanaan rekapitulasi perolehan suara Pilpres dan Pileg 2019 di pendopo Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang. Mulai Sabtu (20/4/2019), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Jombang melakukan rekapitulasi hasil pemungutan suara dari TPS di wilayah masing-masing. KOMPAS.com/MOH. SYAFIIPelaksanaan rekapitulasi perolehan suara Pilpres dan Pileg 2019 di pendopo Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang. Mulai Sabtu (20/4/2019), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Jombang melakukan rekapitulasi hasil pemungutan suara dari TPS di wilayah masing-masing.

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisioner Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Hasyim Asy'ari menegaskan, KPU tak melakukan kecurangan dalam penyelenggaraan pemilu.

Ia menyebutkan, jika ada pihak yang menuding KPU curang, maka yang bersangkutan harus mampu membuktikan.

Komisioner KPU RI Hasyim Asyari ketika ditemui di Kantor Bawaslu RI, Jakarta, Jumat (2/3/2018). KOMPAS.com/ MOH NADLIR Komisioner KPU RI Hasyim Asyari ketika ditemui di Kantor Bawaslu RI, Jakarta, Jumat (2/3/2018).
"Secara hukum orang itu kan prinsipnya barang siapa mendalilkan, harus membuktikan. Kalau orang nyebut curang, nyebut manipulasi, beban pembuktian kepada yang ngomong," kata Hasyim di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2019).

Baca juga: KPU: Mikir kalau Mau Bilang Curang

Hasyim mengatakan, dugaan pelanggaran proses pemilu bisa dilaporkan ke Bawaslu.

Ia mempersilakan pihak-pihak yang menuding KPU curang untuk melapor ke lembaga tersebut.

Meski demikian, KPU juga membuka diri jika ada pihak yang ingin melakukan klarifikasi terkait persoalan-persoalan penyelenggaraan pemilu.

"Tapi kalau mau tabayyun, mau klarifikasi, ke KPU. Kami kan terbuka setiap hari," ujar Hasyim.

"Tugas KPU utama itu dua, melayani pemilih dan melayani peserta pemilu," lanjut dia.

DOK KOMPAS Partisipasi Pemilih dalam Pemilu Indonesia 1955-2014

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X