Kompas.com - 24/04/2019, 11:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan, penyelenggaraan Pemilu 2019 mendapatkan apresiasi dari banyak negara.

"Kita bersyukur secara umum pemilu dapat dilaksanakan dengan baik, lancar, dan aman. Dan kita sudah mendapatkan apresiasi dari banyak negara," ujar Wiranto dalam rapat koordinasi setelah pemilu di kantor Kemenkopolhukam, Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2019).

Baca juga: Soal Pengerahan Brimob ke Jakarta, Wiranto Bilang Enggak Usah Diributkan...

 

Wiranto menambahkan, pemerintah bersyukur bahwa dulu diisukan bakal ada kerusuhan pada pelaksanaan pemilu, ternyata tidak terjadi. Sebab, Pemilu 2019 dilaksanakan serentak dan pemilihnya tercatat lebih dari 150 juta orang.

"Kita berhasil melaksanakan pemilu yang besar karena cakupan wilayahnya luas dan sangat kompleks untuk memilih lima sektor dalam satu hari," ungkapnya kemudian.

Kemudian, lanjut Wiranto, rekapitulasi suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga diamankan dan dikawal dengan baik hingga pengumuman resmi pada 22 Mei 2019.

Baca juga: Wiranto: Partisipasi Pemilih Naik, Presiden Terpilih Punya Legitimasi Tinggi

"Penghitungan suara oleh KPU akan kita kawal dengan baik, kita amankan dari segala intervensi yang dapat mengganggu aktivitas KPU, baik di daerah maupun di pusat," ungkapnya kemudian.

Dalam rapat itu, hadir pula Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko.

Kompas TV Menko Polhukam Wiranto meminta masyarakat untuk tidak mengkhawatirkan pelaksanaan Pemilu 2019. Wiranto menerangkan, Indonesia sudah memiliki sistem dan aturan yang jelas terkait penyelenggaraan pemilu. Menurut Wiranto, jika ada pihak yang menemukan kecurangan, mereka dapat melakukan tindakan dengan membuat laporan ke lembaga yang berwenang. Wiranto meminta masyarakat untuk menyelesaikan persoalan pemilu sesuai dengan aturan yang berlaku. <strong>#Wiranto #Pemilu2019 #MenkoPolhukam</strong>
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.