Menkeu Pastikan Tiga "Kartu Sakti" Jokowi Tertampung di APBN 2020

Kompas.com - 23/04/2019, 22:50 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani di Jakarta, Selasa (12/3/2019) Kompas.com/YOGA SUKMANAMenteri Keuangan Sri Mulyani di Jakarta, Selasa (12/3/2019)

BOGOR, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani memastikan program kartu baru calon presiden petahana Joko Widodo bisa terakomodasi pada APBN 2020.

Program baru yang dimaksud, yakni Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, Kartu Sembako Murah dan Kartu Prakerja.

"Berbagai program yang selama ini sudah disampaikan untuk ditampung, misalnya adalah Kartu Sembako, KIP Kuliah serta Kartu Prakerja, kami mulai menghitung kebutuhan anggaran untuk tahun 2020," ujar Sri saat dijumpai di Istana Presiden Bogor, Selasa (23/4/2019).

Baca juga: Maruf Amin Tanggapi Sindiran Prabowo soal Program Kartu-kartu Jokowi

Bahkan, Sri menyebut, program-program itu masuk ke dalam kategori prioritas dan mendesak untuk dilaksanakan pada tahun 2020.

Untuk Kartu Prakerja, program itu akan dimasukkan ke dalam pos anggaran Kementerian Tenaga Kerja, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Begitu pula dengan KIP Kuliah. Sementara, Kartu Sembako Murah akan dimasukkan ke dalam pos anggaran dari Kementerian Sosial.

Baca juga: Saat Prabowo Berkelakar di Kampanye Akbar, Sindir Gaya Para Elite dan Kartu Jokowi

"Kartu Sembako akan di re-design bersama dengan PKH dan BPNT untuk bisa dibuat menjadi satu kartu, agar bisa bantu masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari," lanjut Sri.

Meski demikian, Sri belum mau mengungkap berapa besaran anggaran untuk program-program itu. Ia mengatakan, nilai anggaran baru akan dibuka ketika membahasnya bersama DPR RI.

Kompas TV Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin menyampaikan visi dan misi dalam debat kelima Capres-Cawapres, Jokowi menyampaikan selama 4,5 tahun ini saat ia menjabat menjadi Presiden Ia dan Wapres JK telah berusaha keras dalam rangka mengembalikan watak asli pembangunan Indonesia, yaitu kepada pertumbuhan dan pemerataan ekonomi. Jokowi-Ma'ruf akan membangun insfrastruktur Indonesia-sentris dan memperjuangkan kemandirian Indonesia. Sementara pada bidang kesejahteraan sosial, Jokowi-maruf akan mengeluarkan Kartu Indonesia Pintar, Kartu Pra Kerja, Kartu Sembako Murah. #DebatPilpres #DebatCapres2019 #DebatFinal

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X