Kompas.com - 18/04/2019, 14:46 WIB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafrudin di kantornya, Jakarta Selatan, Kamis (18/4/2019). CHRISTOFORUS RISTIANTO/KOMPAS.comMenteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafrudin di kantornya, Jakarta Selatan, Kamis (18/4/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin meminta seluruh pimpinan kementerian dan lembaga, pemerintah provinsi, dan pemerintah daerah untuk mengawasi kembali aparatur sipil negara (ASN) dan kembali bekerja usai pelaksanaan Pemilu 2019.

"Kepada pimpinan kementerian lembaga, pemprov, dan pemda untuk kembali mengawasi ASN dan betul-betul kembali menjadi petugas negara. ASN itu petugas negara, aparat sipil negara, mari laksanakan kembali pelayanan publik demi kepentingan bangsa," ujar Syaruddin di kantor Kemenpan RB, Jakarta Selatan, Kamis (18/4/2019).

Baca juga: Menpan RB Tegaskan Staf Kementerian dan Lembaga Tak Berwenang Sampaikan Pernyataan ke Publik

 

Hal tersebut ditegaskan Syaruddin usai puncak tahun politik kemarin, Rabu (17/4/2019). Syafruddin mengatakan, ASN harus kembali melayani publik sebagai tugas utamanya.

Pemimpin kementerian lembaga, pemprov, dan pemda, harus mengontrol kinerja ASN-nya guna menghindari adanya opini politik yang tersampaikan ke publik.

"Mari kita bekerja kembali dan menjaga kondusifitas dalam berbangsa dan bernegara, terutama kepada ASN. Jaga kondisifitas supaya kepentingan masyarakat bisa dirasakan dengan baik," paparnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Menpan RB: Seluruh ASN Tidak Boleh Ikut Hiruk Pikuk Politik

 

Syafruddin berulang kali mengingatkan kepada ASN di kementerian dan lembaga, pemerintah provinsi, dan pemerintah daerah, untuk tetap netral meskipun pelaksanaan pemilu sudah selesai.

Meskipun memiliki hak politik, lanjutnya, ASN tidak memiliki hak untuk ikut dalam politik praktis. Ia meminta seluruh ASN untuk kembali bekerja melayani masyarakat.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.