Litbang Kompas: Jokowi Unggul di Pemilih Laki-laki dan Perempuan

Kompas.com - 18/04/2019, 12:03 WIB
Confirmator pusat data hitung cepat Litbang Kompas KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYAConfirmator pusat data hitung cepat Litbang Kompas
Penulis Ihsanuddin
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Exit Poll Litbang Kompas menunjukkan pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul di pemilih laki-laki atau pun perempuan dari rivalnya, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Di pemilih laki-laki, yang mengaku memilih Jokowi-Ma'ruf sebanyak 54,7 persen, adapun yang memilih Prabowo-Sandi 45,3 persen.

Peneliti senior Litbang Kompas Bestian Nainggolan menyebut ada pergeseran suara di kategori pemilih laki-laki ketimbang pilpres 2014 lalu.

Baca juga: Litbang Kompas: Pemilih Tua jadi Kunci Kemenangan Jokowi-Maruf Amin

Exit poll saat itu menunjukkan, jumlah pemilih laki-laki yang memilih Jokowi dan Prabowo sama besar, yakni 50 persen.

"Walau disini dikatakan 50:50, tetapi hasil nasionalnya Pak Prabowo saat itu tak mencapai 50 persen. 46 persen. Artinya dari 46 persen yang memilih Prabowo pada 2014, 50 persennya laki laki," kata Bestian seperti disiarkan Kompas TV, Kamis (18/4/2019).

"Ärtinya 2014 laki laki lebih banyak di posisi pendukung Prabowo," tambah Bestian.

Baca juga: Perbandingan Suara Parpol Pemilu 2019 dengan 2014, Data Quick Count Litbang Kompas 87 Persen

Sementara di pemilih perempuan yang memilih Jokowi mencapai 56,9 persen dan yang memilih Prabowo 43,1 persen. Bestian menyebut dalam kategori pemilih perempuan ini juga terjadi pergeseran suara dibanding pilpres 2014.

Lima tahun lalu, jumlah perempuan yang memilih Jokowi 54 persen dan Prabowo 45,5 persen. Angka itu tak jauh berbeda dari hasil perolehan suara Jokowi dan Prabowo secara nasional.

"Namun di 2019 perempuan lebih banyak di Pak Jokowi ketimbang Pak Prabowo," kata dia.

Baca juga: Membandingkan Hasil Quick Count dengan Prediksi Litbang Kompas

Exit poll ini dilakukan Kompas saat pemungutan suara 17 April 2019. Sebanyak 7918 responden dipilih secara acak dengan metode pencuplikan sistematis dari pemilih seusai menggunakan hak pilihnya di 2000 TPS.

Margin of error exit poll ini plus minus 1,45 persen pada tingkat kepercayaan 99 persen.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X