KPU: Penghitungan dan Rekapitulasi Suara Masih Berlangsung

Kompas.com - 17/04/2019, 23:16 WIB
Komisioner KPU Viryan Azis di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat.Kompas.com/Fitria Chusna Farisa Komisioner KPU Viryan Azis di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisioner Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Viryan Aziz mengatakan, penghitungan dan rekapitulasi suara pemilu hingga saat ini masih terus dilakukan.

KPU terus memperbarui perolehan suara sementara melalui situs pemilu2019.kpu.go.id.

Jika muncul gambar hasil tangkapan layar mengenai hasil pemungutan suara di media sosial atau platform lainnya, dapat dipastikan bahwa gambar tersebut merupakan perkembangan dari Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng).

"Kalo misalnya berkembang screenshot (perolehan suara) salah satu paslon, itu yang penting itu belum hasil final," kata Viryan di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (17/4/2019).

Baca juga: INFOGRAFIK: Alur dan Tanggal Rekapitulasi Suara, Sebelum KPU Umumkan Hasil Resmi

Menurut Viryan, perolehan suara yang ditampilkan di Situng hanya bersifat sementara. Portal ini hanya sebagai referensi bagi masyarakat untuk melakukan pemantauan.

Hasil final penghitungan suara dan rekapitulasi dilakukan secata berjenjang, mulai dari TPS, PPK di tingkat kecamatan, KPU kabupaten/kota, KPU provinsi, hingga KPU RI.

Proses ini dilakukan secara terbuka dan boleh disaksikan oleh seluruh masyarakat.

Viryan justru mengimbau publik untuk terus melakukan pemantauan penghitungan san rekapitulasi suara.

"Ini kan masih berlangsung di TPS, silahkan nonton bareng penghitungan suara di TPS-TPS. Kita imbau pendukung 01 02 bergandeng tangan di TPS," ujar dia.

Baca juga: Posko Pengaduan TKN JoKowi-Maruf Akan Bekerja hingga Rekapitulasi Suara

Pada kesempatan yang sama, Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi meminta masyarakat dewasa dan tenang dalam memantau hasil hitung cepat yang dilakukan oleh sejumlah lembaga survei.

Meski lembaga survei yang merilis hasil hitung cepat sudah terakreditasi KPU, masyarakat diimbau untuk menunggu hasil resmi penghitunyan suara yang dikeluarkan oleh KPU.

"Terkait dengan hasilnya tentu itu supaya tidak menimbulkan kebingungan masyarakat silahkan menunggu hasil resmi yang dikeluarkan oleh KPU setelah rekapitulasi nasional selesai," kata Pramono.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografiik: Alur Rekapitulasi Suara Pemilu 2019


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:


Close Ads X