Wapres Minta Elite Tenangkan Pendukung

Kompas.com - 17/04/2019, 20:41 WIB
Wapres Jusuf Kalla usai mencoblos di TPS 004 RW 002 Kelurahan Pulo, Kebayoran Baru, Jakarta SelatanKompas.com/Rakhmat Nur Hakim Wapres Jusuf Kalla usai mencoblos di TPS 004 RW 002 Kelurahan Pulo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla (Kalla) berpesan kepada para elite politik agar menenangkan para kader dan pendukungnya sambil menunggu hasil resmi Pemilu 2019 dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Kalla juga berpesan agar seluruh pihak turut mengawasi proses rekapitulasi suara yang akan dilakukan secara berjenjang dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga di tingkat nasional.

Baca juga: Prabowo Menang Tipis di 3 TPS Sekitar Kediaman Jusuf Kalla di Makassar

"Menenangkan kader-kadernya, pendukungnya, namun juga bekerja untuk tetap bersama-sama mengawasi proses perhitungan suara yang akan berjalan dalam waktu satu bulan ini, karena baru bulan Mei baru diumumkan secara resmi," ungkap Kalla dalam wawancara dengan KompasTV, Rabu (17/4/2019).

Kemudian, Kalla juga berpesan agar seluruh pihak menerima rekapitulasi resmi yang diumumkan dengan lapang dada, apapun hasilnya.

Baca juga: Kalla: Tingkat Partisipasi Pemilih Bisa di Atas 80 Persen

"Apabila sudah ada perhitungan akhir daripada KPU, kita harus menerimanya dengan lapang dada, baik yang menang, yang kalah akan menerima juga," kata dia.

"Kita rekonsiliasi bangsa ini bersatu kembali untuk bekerja untuk masa depan yang akan lebih baik lagi," lanjut dia.

Kompas TV Wakil Presiden RI Jusuf Kalla berbicara dan menanggapi mengenai pelaksanaan Pemilu Umum 2019 dari kediaman pribadinya di Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Rabu (17/4). Simak wawancara Jurnalis Senior Harian Kompas Budiman Tanuredjo bersama Wakil Presiden RI Jusuf Kalla berikut ini. #WapresKalla #JusufKalla #Pemilu2019

 



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Terkini Lainnya


Close Ads X