Sekretaris TKN: Kami Tak Khawatir dengan Klaim Sepihak, Dulu Juga Pernah Terjadi

Kompas.com - 17/04/2019, 16:32 WIB
Konferensi pers Sekretaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-Maruf, Hasto Kristiyanto di Kebagusan, Jakarta Selatan, Rabu (17/4/2019).KOMPAS.com/ABBA GABRILLIN Konferensi pers Sekretaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-Maruf, Hasto Kristiyanto di Kebagusan, Jakarta Selatan, Rabu (17/4/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto mengatakan, pihaknya tidak khawatir dengan klaim sepihak dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengenai penghitungan sementara hasil pemungutan suara.

"Terhadap klaim sepihak, kami tidak khawatir karena 2014 pun dulu juga terjadi," ujar Hasto di kediaman Megawati Soekarnoputri di Kebagusan, Jakarta, Rabu (17/4/2019).

Bahkan, menurut Hasto, pada 2014 ada lembaga-lembaga survei yang mendapatkan sanksi karena ketidakmampuan mempertanggungjawabkan metodologi dan hasil penelitian.

Baca juga: Quick Count SMRC Data 71,54 Persen: Jokowi-Maruf 54,97 Persen, Prabowo-Sandiaga 45,03 Persen

Menurut Hasto, klaim seharusnya berdasarkan data dan landasan penghitungan yang bisa dipercaya oleh publik.

Pada Pilpres 2019 ini, menurut Hasto, hasil penghitungan internal maupun penghitungan oleh lembaga-lembaga independen menunjukkan hasil yang sama.

Menurut Hasto, rakyat masih menaruh kepercayaan kepada Joko Widodo.

"Rakyat memberikan dukungan bagi Pak Jokowi dan Ma'ruf Amin, dengan angka dan selisih yang cukup jauh dengan Pak Prabowo dan Pak Sandi," kata Hasto.

Baca juga: Quick Count Kompas Data 60,5 Persen: Jokowi-Maruf 54,89 Persen, Prabowo-Sandiaga 45,11 Persen

Sebelumnya, Direktur Kampanye Badan Pemenangan Nasional pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (BPN), Sugiono, mengumumkan hasil perolehan suara berdasarkan survei pasca-pencoblosan atau exit poll.

Berdasarkan hasil exit poll internal BPN, pasangan Prabowo Subianto memperoleh suara sebesar 55,4 persen, sementara pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin 42,8 persen.

Hasil itu berbeda dengan penghitungan sejumlah lembaga independent yang melakukan hitung cepat.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Menuju Istana 2019

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X