Bowo Sidik, Idrus Marham, dan Sejumlah Tahanan KPK Mencoblos Pakai Rompi Oranye

Kompas.com - 17/04/2019, 12:09 WIB
Anggota DPR Bowo Sidik Pangarso (rompi tahanan dan kemeja biru bergaris) menunjukkan jempolnya usai mencoblos di Rutan KPK, Jakarta, Rabu (17/4/2019). DYLAN APRIALDO RACHMAN/KOMPAS.comAnggota DPR Bowo Sidik Pangarso (rompi tahanan dan kemeja biru bergaris) menunjukkan jempolnya usai mencoblos di Rutan KPK, Jakarta, Rabu (17/4/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memfasilitasi tahanan KPK untuk mencoblos pada Pemilu 2019, Rabu (17/4/2019). Mereka melakukan pencoblosan di tempat pemungutan suara (TPS) 012 Guntur.

Sejumlah tahanan KPK mulai berdatangan dengan menggunakan mobil tahanan. Mereka tampak keluar dengan mengenakan borgol dan rompi tahanan.

Pantauan Kompas.com, sejak pukul 10.56 WIB, tahanan KPK yang datang di antaranya anggota DPR Bowo Sidik Pangarso, mantan Sekjen Partai Golkar Idrus Marham, Direktur Utama PT Wijaya Kusuma Emindo (WKE) Budi Suharto, dan pengusaha Tamin Sukardi.

Selain itu tampak juga Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muafaq Wirahadi, panitera Pengadilan Negeri Jakarta Timur Muhammad Ramadhan dan tahanan lainnya.

Sebagian besar tahanan tak berkomentar dan langsung memasuki rutan KPK.

Salah satu tahanan KPK, Idrus Marham hanya melempar senyum sapa.

"Ya, ya," kata Idrus melempar senyum sambil mengangkat kedua tangannya yang diborgol.

Baca juga: Prabowo-Sandiaga dan Jokowi-Maruf Kompak Kenakan Baju Putih ke TPS

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, rencananya tahanan KPK yang mencoblos sebanyak 63 orang.

"Tahanan di Rutan Cabang KPK 63 orang," kata Febri dalam keterangan tertulis.

Sebanyak 63 tahanan KPK ini berasal dari rutan di belakang Gedung Merah Putih KPK, rutan di kawasan Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi, dan rutan Pomdam Jaya Guntur.

Sedangkan untuk tahanan KPK lain yang dititipkan di luar Rutan Cabang KPK akan mengikuti prosedur sesuai lokasi penahanan masing-masing.

"(Yang) dititipkan di Rutan lain di Sumatera Utara, Riau, Lampung, Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Surabaya dan Maluku, 105 orang," kata Febri.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X