Bisakah Mencoblos jika C6 Hilang, Rusak, atau Tertinggal?

Kompas.com - 17/04/2019, 07:50 WIB
Ilustrasi formulir C6 dok KPUIlustrasi formulir C6

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemungutan suara pemilu digelar serentak di seluruh Indonesia hari ini. Untuk dapat menggunakan hak suaranya, pemilih bisa membawa formulir C6.

Formulir C6 merupakan pemberitahuan pemilih untuk mencoblos di tempat pemungutan suara (TPS). Formulir ini memuat informasi mengenai nama pemilih, keterdaftaran nama pemilih di TPS

Lalu, bagaimana jika C6 rusak, hilang, atau tertinggal?

Pemilih tetap dapat mencoblos meski C6 rusak, hilang, atau tertinggal. Asalkan sudah tercatat di daftar pemilih tetap (DPT), pemilih bisa menunjukkan e-KTP untuk mencoblos.

"Bisa (tetap mencoblos). Tunjukkan e-KTP," kata komisioner KPU, Ilham Saputra, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (17/4/2019).

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Apa Saja Yang Dibawa Ke TPS

Selain menunjukkan e-KTP, pemilih juga bisa menggunakan surat keterangan (suket) perekaman e-KTP.

Suket tersebut hanya diterbitkan oleh Dukcapil Kemendagri, berupa keterangan yang bersangkutan telah melakukan perekaman e-KTP.

Ilham mengatakan, C6 bukan syarat wajib mencoblos.

"Ya, bukan syarat wajib mencoblos," ujarnya.

Sebelumnya, komisioner KPU, Viryan Azis, menyebut, C6 hanya bersifat pemberitahuan untuk memilih.

"Formulir C6 ini menegaskan atau menginformasikan bahwa pemilih tersebut namanya siapa dan seterusnya, nanti bisa memilih di TPS nomor berapa, alamatnya di mana. Jadi itu pemberitahuan, bukan undangan," kata Viryan Azis di KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (15/4/2019).

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X