Ketua MPR: Pemilu Bukan Perang, Selesaikan dengan Baik

Kompas.com - 16/04/2019, 10:46 WIB
Ketua MPR Zulkifli Hasan di Dermaga JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Sabtu (10/10/2018). KOMPAS.com/Ardito Ramadhan DKetua MPR Zulkifli Hasan di Dermaga JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Sabtu (10/10/2018).
Penulis Jessi Carina
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan menyampaikan pesannya menjelang Pemilu 2019 kepada masyarakat dan penyelenggara pemilu.

Zulkifli mengingatkan penyelenggara pemilu untuk berpedoman kepada Undang-Undang Dasar 1945.

"Saya sampaikan sebagai ketua MPR kepada seluruh rakyat Indonesia, penyelenggara pemilu, Pasal 22E UUD menyatakan pemilu itu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Kalau itu kita laksanakan hasilnya damai dan legitimate," ujar Zulkifli di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (16/4/2019).

Oleh karena itu, Zulkifli meminta KPU, Badan Pengawas Pemilu, dan aparat keamanan bergotong royong menciptakan pemilu yang luber jurdil itu.

Zulkifli mengatakan, pemilu bukan perang, melainkan kontestasi untuk mencari pemimpin negara.

Oleh karena itu, prosesnya harus dilaksanakan dengan baik tanpa kecurangan.

"Kita bukan perang tetapi memilih pemimpin di antara kita yang terbaik. Kalau diselesaikan dengan baik, Insya Allah pemilu ini bisa legitimate," kata dia.

Adapun, pemilu akan digelar pada 17 April 2019 dan menjadi ajang pertama pemilihan umum yang serentak, yakni Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, dan juga anggota DPD RI, DPR RI, DPRD provinsi, kota, dan kabupaten.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X