INFOGRAFIK: Persaingan Caleg Menuju Senayan, dalam Angka...

Kompas.com - 15/04/2019, 18:57 WIB
Ilustrasi Gedung DPR Shutterstock.comIlustrasi Gedung DPR

KOMPAS.com - Pada 17 April mendatang, lebih dari 7.000 calon anggota legislatif tingkat pusat dalam Pemilu 2019. Namun, hanya 575 kursi yang tersedia untuk DPR RI.

Dengan demikian, hanya 7,2 persen caleg DPR RI yang akan terpilih menjadi wakil rakyat periode 2019-2024. Tentunya ini menimbulkan persaingan berat di antara mereka.

Jalan menuju kursi di Senayan memang tidak mudah. Indonesia Corruption Watch mencatat, ada sejumlah caleg yang membutuhkan modal lebih dari Rp 10 miliar untuk biaya kampanye.

Biaya kampanye yang tinggi tentu dapat menjadi masalah, terutama munculnya praktik politik uang.

Komisi Pemberantasan Korupsi bahkan menemukan ada praktik suap yang dilakukan dalam bentuk ratusan ribuan amplop. Diduga, 400.000 amplop itu untuk politik uang dalam serangan fajar Pemilu 2019.

Apalagi persaingan caleg menuju Senayan dalam? Berikut infografiknya:

Artikel panjangnya dapat dibaca dalam tautan ini: JEO - Buka-bukaan Biaya Caleg demi Kursi di Senayan 

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Persaingan Caleg Menuju Senayan



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X