BPN Prabowo-Sandiaga Optimalkan Saksi Parpol untuk Kawal Suara di TPS

Kompas.com - 15/04/2019, 17:21 WIB
Juru Bicara BPN Ferry Mursyidan Baldan di Seknas Prabowo-Sandiaga, Jakarta Pusat, Selasa (12/3/2019). CHRISTOFORUS RISTIANTO/KOMPAS.comJuru Bicara BPN Ferry Mursyidan Baldan di Seknas Prabowo-Sandiaga, Jakarta Pusat, Selasa (12/3/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pemenangan Nasional ( BPN) akan mengoptimalkan saksi dari partai koalisi Indonesia makmur untuk mengawal dan menjaga suara di seluruh tempat pemungutan suara ( TPS) pada Pemilu 2019.

Saksi dari parpol pendukung dinilai sudah memetakan sejumlah daerah-daerah yang menjadi perhatian khusus di pemilu.

"Saya kira ada partai koalisi yang menjadi penopang utamanya. Kita meminta mereka mengoptimalkan saksi di TPS," ujar Direktur Relawan BPN, Ferry Mursyidan Baldan di kantor Amnesty International, Jakarta Pusat, Senin (15/4/2019).

Baca juga: BPN Prabowo-Sandi Imbau Semua Pihak Jaga Keamanan Pelaksanaan Pemilu


Ferry menjelaskan, setiap parpol memiliki saksi hingga kabupaten/kelurahan yang sudah terpetakan setiap daerah pemilihan (dapil). Namun demikian, ia juga mengimbau relawan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno untuk membantu para saksi parpol koalisi di dapil.

Parpol koalisi, lanjutnya, juga memiliki jaringan hingga ke daerah-daerah pemilihan di seluruh Indonesia. Setiap parpol juga sudah ditugasi untuk fokus mengawal suara di sejumlah wilayah.

"Mereka akan saling berbagi tugasnya, misalnya di daerah Sumatera parpol siapa dan seterusnya. Jika mereka kekurangan saksi, relawan akan mendukung dan membantu," ucapnya.

Baca juga: Bantah Prabowo, Wapres Kalla Sebut Tak Ada Deindustrialisasi

Para relawan, seperti diungkapkan Ferry, juga bertugas membantu saksi parpol dengan memfoto hasil-hasil pemilihan di sejumlah TPS. Foto tersebut kemudian dikirimkan ke tim BPN pusat.

"Relawan nanti melaporkan tugasnya untuk memfoto hasil pemilihan lalu dikirim ke kami. Nanti ada tim TI dan saksi yang akan mengintegrasikan laporan-laporan itu," jelasnya.

Namun demikian, Ferry menegaskan tidak seluruh relawan dikerahkan untuk mengawal dan menjaga suara di TPS. Sebab, tidak semua relawan memiliki keterampilan dalam mengawal suara di TPS.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X