Pihak Terkait Diminta Berkoordinasi Tertibkan Alat Peraga Kampanye

Kompas.com - 15/04/2019, 16:08 WIB
Petugas menurunkan Alat Peraga Kampanye (APK) yang masih terpasang pada masa tenang Pemilu serentak 2019 di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (14/04/2019). Ratusan APK di antaranya berupa baliho dan stiker diturunkan petugas karena tahapan Pemilu telah memasuki masa tenang selama tiga hari yakni sejak tanggal 14 hingga 16 April 2019.ANTARA FOTO/MOHAMAD HAMZAH Petugas menurunkan Alat Peraga Kampanye (APK) yang masih terpasang pada masa tenang Pemilu serentak 2019 di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (14/04/2019). Ratusan APK di antaranya berupa baliho dan stiker diturunkan petugas karena tahapan Pemilu telah memasuki masa tenang selama tiga hari yakni sejak tanggal 14 hingga 16 April 2019.
Penulis Devina Halim
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pemangku kepentingan diminta berkoordinasi perihal pencopotan alat peraga kampanye ( APK) selama masa tenang pada 14-16 April 2019.

Hal itu disampaikan Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Alwan Ola Riantoby perihal persiapan hari pemungutan suara yang jatuh pada 17 April 2019.

" KPU, Bawaslu, dan aparat pemerintah harus memastikan kerja sama yang koordinatif untuk membersihkan semua alat peraga kampanye. Mengembalikan kondisi ruang publik seperti sediakala," ungkap Alwan melalui keterangan tertulis, Senin (15/4/2019).

Pada masa tenang, segala bentuk kampanye tidak diperbolehkan, termasuk melalui spanduk atau baliho.


Oleh karena itu, ruang publik sudah sepatutnya bersih dari berbagai peraga kampanye para peserta pemilu.

Dengan begitu, Alwan menuturkan, pemilih dapat merasa nyaman dalam suasana pemilu.

Baca juga: Sebanyak 1.169 APK Ditertibkan di Kepulauan Seribu

Selain itu, pembersihan APK juga bertujuan menghindari saling tuduh antarpendukung kandidat.

"Kondisi ini untuk semakin membuat masyarakat pemilih nyaman dan menjamin kebersihan dan keindahan kawasan Pemilu," ujarnya.

"Jika pada masa kampanye alat peraga kampanye masih berada dalam tempat publik maka akan menimbulkan potensi saling tuduh antarpendukung pasangan calon terhadap proses pembersihan alat peraga kampanye tersebut," sambung dia.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X