Dubes RI Sebut Pemilu di Inggris dan Irlandia Berjalan Tertib

Kompas.com - 14/04/2019, 17:54 WIB
Ilustrasi pemilu.Shutterstock Ilustrasi pemilu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 7.599 Warga Negara Indonesia di Inggris dan Irlandia telah melakukan pemungutan suara Pemilu 2019.

Duta Besar RI untuk Inggris dan Irlandia, Rizal Sukma menuturkan, pelaksanaan pemilu di dua wilayah tersebut berjalan tertib.

"Saya bersyukur pelaksanaan pemungutan suara pada Pemilu 2019 di Inggris berlangsung tertib. Saya juga senang melihat antusiasme warga Indonesia di Inggris dalam menjalankan hak konstitusinya," ungkap Rizal melalui rilis yang diterima Kompas.com, Minggu (14/4/2019).

Baca juga: Pemilu di Davao, Filipina Terlaksana, Partisipasi Pemilih 78,19 Persen

Pemungutan suara di Inggris dan Irlandia dilakukan dengan dua metode yaitu, melalui pos dan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Gedung KBRI di London.

Terdapat 1.849 orang memilih mendatangi TPS dan sisanya sebanyak 5.750 pemilih menggunakan metode pos.

Menurut Rizal, pemilu harus menjadi ajang untuk membuktikan Indonesia sebagai negara demokrasi.

Baca juga: Tak Bisa Mencoblos, Ribuan WNI di Sydney Tanda Tangani Petisi Pemilu Ulang

"Kita harus bisa menunjukkan ke publik Inggris melalui pemilu di London ini bahwa kita benar-benar negara demokrasi terbesar ketiga di dunia," tuturnya.

Ia pun berpesan kepada warga Indonesia di wilayah tersebut terus merajut kerukunan dalam perbedaan.

Tak hanya pemenuhan hak konstitusional, ajang pemungutan suara di KBRI dilanjutkan dengan acara temu kangen yang diisi dengan hiburan serta aneka kuliner khas Indonesia.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X