Jokowi Bakal Upayakan Penjualan Hasil Pertanian ke Depan Secara Online

Kompas.com - 13/04/2019, 21:06 WIB
Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (kedua kiri) dan Maruf Amin (kiri) serta pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto (kedua kanan) dan Sandiaga Uno (kanan) bersiap mengikuti debat kelima Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4/2019). Debat kelima tersebut mengangkat tema Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial, Keuangan dan Investasi serta Perdagangan dan Industri. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/hp. WAHYU PUTRO APasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (kedua kiri) dan Maruf Amin (kiri) serta pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto (kedua kanan) dan Sandiaga Uno (kanan) bersiap mengikuti debat kelima Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4/2019). Debat kelima tersebut mengangkat tema Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial, Keuangan dan Investasi serta Perdagangan dan Industri. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/hp.

JAKARTA, KOMPAS.com - Capres nomor urut 01 Joko Widodo menjanjikan penciptaan ekosistem penjualan hasil pertanian secara online ke depannya. Dengan demikian produk pertanian bisa terjual cepat tanpa perantara tengkulak.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam debat kelima Pilpres 2019 yang diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4/2019).

"Anak muda sekarang membangun ekosistem online. Kalau bisa disambungkan dengan petani yang offline akan memudahkan petani langsung berhubungan dengan konsumen membeli lewat digital ekonomi," kata Jokowi.

Baca juga: Jokowi Unggulkan Infrastruktur sebagai Solusi Ketimpangan dan Ketidakadilan

Selain itu, untuk mengoptimalkan sektor pertanian ke depannya ia akan melakukan hilirisasi atau industrialisasi.

Jokowi menilai saat ini komoditas pertanian banyak diekspor dengan bentuk mentah sehingga tak memiliki nilai jual yang tinggi.

"Strategi ke depan baik di perikanan dan pertanian adalah hilirisasi. Industrialisasi. Perlu bangun industri perikanan, pengolahan, pengalengan, sehingga kita mengeskpor barang olahan sudah packaging, sudah labeling di sini, sudah bangun brand dari sini," lanjut Jokowi.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X