Kedua Kubu Lakukan Simulasi Jelang Debat Terakhir

Kompas.com - 13/04/2019, 18:30 WIB
Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1, Joko Widodo dan Maruf Amin beserta pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno berjabat tangan setelah debat pilpres pertama di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019). Tema debat pilpres pertama yaitu mengangkat isu Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGPasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1, Joko Widodo dan Maruf Amin beserta pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno berjabat tangan setelah debat pilpres pertama di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019). Tema debat pilpres pertama yaitu mengangkat isu Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme.

KOMPAS.com – Kedua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, baik Joko Widodo - Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno, melakukan simulasi atau latihan sebelum menghadapi debat kelima atau terakhir, Sabtu (13/4/2019) malam.

Dari kubu 01, rencana adanya simulasi debat disampaikan langsung oleh calon wakil presiden Ma’ruf Amin. Ma’ruf menyebut simulasi akan digelar di kediamannya, di daerah Menteng, Jakarta.

"Ya, tentu (ada simulasi), untuk menyinkronkan saja," kata Ma’ruf, Senin (8/4/2019).

Ma’ruf mengaku selalu menyempatkan diri untuk membahas materi debat meskipun dirinya disibukkan kegiatan kampanye.


Meskipun begitu, ia mengaku sudah siap untuk menghadapi debat malam nanti, begitu juga dengan pasangannya, Jokowi yang maju sebagai calon petahana.

"Pak Jokowi sebagai petahana dan sudah melakukan langkah-langkah. Menurut saya langkah itu on the track. Sudah benar. Menurut saya justru di zaman Pak Jokowi itu reformasi yang sesungguhnya, reformasi substantif itu dirasakan. Walaupun secara struktural dimulai 1998," ujar Ma'ruf.

Namun, belum diketahui kapan simulasi itu dilakukan. Sebab, Jokowi-Ma'ruf melakukan kampanye besar di Gelora Bung Karno pada Sabtu ini.

Baca juga: Jelang Debat Kelima Pilpres, Jokowi-Maruf Akan Gelar Simulasi

Di pihak lain, kubu 02 juga melakukan hal sama, simulasi dan pematangan materi, sebelum mengikuti debat penentu ini.

Informasi ini disampaikan oleh Direktur Materi dan Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Sudirman Said.

"Tanggal 11-12 April adalah hari untuk persiapan, masih ada tanggal 13 pagi juga kan," ujar Sudirman. Rabu (10/4/2019).

Meskipun begitu, persiapan ini, menurut Sudirman tidaklah terlalu berat, mengingat sosok capres dan cawapresnya yang sudah terbukti tampil prima pada 4 debat sebelumnya.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X