Survei Poltracking: PDI-P Raih Suara Tertinggi

Kompas.com - 13/04/2019, 13:05 WIB
Rilis hasil survei Poltracking di kawasan Jakarta Pusat, Sabtu (13/4/2019). Kompas.com/Fitria Chusna FarisaRilis hasil survei Poltracking di kawasan Jakarta Pusat, Sabtu (13/4/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga survei politik Poktracking merilis hasil survei elektabilitas partai politik peserta Pemilu 2019.

Menurut hasil survei, sebanyak 9 dari 16 partai politik lolos parliamentary threshold atau mendapat perolehan suara di atas 4 persen.

"Ada sembilan partai yang akan lolos, yaitu PDI-P, Gerindra, Golkar, PKB, Nasdem, Demokrat, PKS, PAN, dan PPP," kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda, di kawasan Jakarta Pusat, Sabtu (13/4/2019). 

Hasil survei mengatakan, PDI Perjuangan keluar sebagai pemenang dengan perolehan angka sebesar 23,5 persen.

Baca juga: Survei Charta Politika Prediksi PDI-P Menang Pemilu, Gerindra Runner Up

Di peringkat kedua, ada Partai Gerindra dengan perolehan suara 13,5 persen. Menyusul kemudian Partai Golkar dengan perolehan angka 12,8 persen.

Selanjutnya, PKB menyusul dengan angka 9,7 persen. Di urutan kelima adalah Partai Demokrat dengan angka 7,2 persen.

Di peringkat keenam, PKS mendapat perolehan 6,7 persen. Menyusul kemudian PAN 5,7 persen, dan PPP 5,4 persen.

Sementara itu, ada 7 partai politik yang diprediksi tidak lolos di Pemilu 2019.

Baca juga: Survei Charta Politika Prediksi PDI-P Menang Pemilu, Gerindra Runner Up

Secara berurutan, ketujuh partai politik itu adalah Perindo dengan perolehan suara 2,8 persen; Hanura 1,7 persen; dan PSI 1,4 persen.

Kemudian PBB 0,8 persen; Berkarya 0,8 persen, PKPI 0,2 persen dan terakhir Garuda 0,1 persen.

Survei dilaksanakan pada 1-8 April 2019 secara serempak di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Survei dilakukan menggunakan metose multistage random sampling.

Jumlah sampel dalam survei sebanyak 2.000 responden dengan margin of error +- 2,2 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X