Kompas.com - 11/04/2019, 20:22 WIB
Komisioner KPU Hasyim Asyari di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat. Kompas.com/Fitria Chusna FarisaKomisioner KPU Hasyim Asyari di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan bertandang ke Malaysia untuk memastikan kabar surat suara Pemilu 2019 yang tercoblos.

Dua Komisioner KPU, Hasyim Asy'ari dan Ilham Saputra, bakal bertolak ke Malaysia malam ini.

"Melalui rapat pleno menugaskan Pak Hasyim Asy'ari dan Pak Ilham untuk datang ke Malaysia secara langsung," kata Komisioner KPU Wahyu Setiawan saat dihubungi, Kamis (11/4/2019).

Menurut Wahyu, pihaknya telah banyak mendapat informasi terkait kabar surat suara tercoblos di Malaysia ini. Tetapi, untuk memastikan kebenarannya, KPU perlu mengecek secara langsung.

Baca juga: Kronologi Penemuan Surat Suara Tercoblos di Malaysia

"Besok InsyaAllah bisa langsung diinformasikan. Malam ini (Komisioner KPU) sampai Malaysia, (Jumat) pagi bisa dapatkan informasi-informasi dari beliau berdua," ujar Wahyu.

Wahyu mengatakan, prinsipnya KPU ingin mendapatkan informasi lebih dahulu. KPU akan melakukan klarifikasi sehingga mendapat informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan itulah yang menjadi dasar bagi KPU untuk mengambil langkah berikutnya.

"Jadi sebelum mendapatkan informasi data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan tentu kami belum bisa mengambil langkah berikutnya," ujar Wahyu.

Baca juga: Polemik Surat Suara Tercoblos di Malaysia, Ini Tanggapan Berbagai Pihak

Sebelumnya, Bawaslu membenarkan video soal temuan surat suara yang tercoblos. Menurut Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar, kejadian ini ditemukan oleh Panwaslu Luar Negeri.

"Benar (ada surat suara yang tercoblos). Panwaslu Luar Negeri Kuala Lumpur sebagai penemu," kata Fritz saat dikonfirmasi, Kamis (11/4/2019).

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X