Kompas.com - 11/04/2019, 14:31 WIB

KOMPAS.com - Dua tahun lalu, tepatnya pada 11 April 2017, penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi Novel Baswedan menjadi korban teror orang tak dikenal.

Wajah Novel disiram air keras oleh dua orang yang mengendarai sepeda motor di dekat rumahnya. Saat itu, Novel dalam perjalanan pulang ke rumah usai menunaikan shalat subuh di masjid.

Hingga saat ini kasus penyerangan terhadap Novel Baswedan belum menemui titik terang. Kepolisian RI belum menemukan pelaku penyerangan, apalagi dalang di balik teror tersebut.

Tahun lalu, saat Polri belum mendapatkan pelaku penyerangan, desakan untuk membentuk tim independen tak juga dilakukan Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Pembentukan tim baru dilakukan pada Januari 2019, menjelang debat pertama Pilpres 2019 yang bertema hukum, terorisme, dan hak asasi manusia. Hal ini menimbulkan perdebatan bahwa pengungkapan kasus Novel Baswedan hanya sebatas langkah politik, yang tak pernah menemukan hasil.

Seperti apa perjalanan kasus pengungkapan kasus Novel Baswedan? Berikut infografiknya: 

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Upaya Pengungkapan Kasus Novel Baswedan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.