Cerita PPLN Antar Surat Suara di Yaman: Dibawa Naik Bus, Diiringi Suara Tembakan

Kompas.com - 11/04/2019, 10:48 WIB
Petugas menunjukkan contoh surat suara saat simulasi pemilihan umum (Pemilu) 2019 di KPU Provinsi Jabar, Bandung, Jawa Barat, Selasa (2/4/2019). Simulasi tersebut digelar untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait proses pemungutan dan penghitungan suara pemilihan umum serentak yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019. ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASAPetugas menunjukkan contoh surat suara saat simulasi pemilihan umum (Pemilu) 2019 di KPU Provinsi Jabar, Bandung, Jawa Barat, Selasa (2/4/2019). Simulasi tersebut digelar untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait proses pemungutan dan penghitungan suara pemilihan umum serentak yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisioner Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Pramono Ubaid Tanthowi menyebut, pemungutan suara di luar negeri sejauh ini berlangsung aman.

Hingga Rabu (10/4/2019), pemungutan suara baru dilakukan di lima kota di empat negara. Kelimanya adalah, Sana'a di Yaman 8 April 2019, Panama City di Panama dan Quito di Ekuador 9 April 2019, serta Bangkok dan Songkhla di Thailand 10 April 2019.

"(Pemungutan suara) nggak ada masalah sejauh ini. Karena kalau di Ekuador kan jumlah pemilihnya kecil sekali. Di Sana'a yang banyak karena di Yaman banyak anak-anak sekolah yang mondok kayak di pesantren," kata Pramono di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (10/4/2019).

Baca juga: Ini Jadwal Pemilu 2019 di Luar Negeri, 8-14 April


Menurut Pramono, terjadi sedikit kendala saat pemungutan suara di Yaman.

Lantaran Yaman masih dalam situasi konflik, KBRI ditutup sejak Januari 2019. KBRI di Yaman kemudian digabung ke KBRI Oman.

Keadaan ini menyebabkan persiapan teknis pemungutan suara di Yaman menjadi lebih berat.

"Sementara di Yaman situasi konflik, transportasinya tidak bagus. Jadi logistik kita kemarin dibawa PPLN kita naik bus umum, jalan dan harus hati-hati," ujar Pramono.

Baca juga: Hari Ini, Pemungutan Suara Pemilu 2019 Digelar di 3 Negara

Pramono bahkan menyebut, terdengar suara tembakan saat PPLN mengantar surat suara ke beberapa tempat.

"Itu malah setiap saat ada suara tembakan. Bayangin aja, nganterin surat suara ke beberpa tempat itu. Jadi kalau denger ceritanya temen-temen Yaman itu luar biasa," katanya.

Pramono menegaskan, pemungutan suara di luar negeri digelar 8-14 April 2019. Namun demikian, pemunguatan suara baru akan dilakulan 17 April 2019.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X