Hari Ini dalam Sejarah: Film 3 Dimensi atau 3D Pertama Dirilis

Kompas.com - 10/04/2019, 12:23 WIB
Ilustrasi menonton 3-D ignIlustrasi menonton 3-D

KOMPAS.com - Industri film sudah dirilik masyarakat dunia sejak pemutaran film komersial perdana di Grand Cafe di Paris, Perancis. Sejak saat itu, pemutaran film mulai menyebar ke berbagai negara.

Tantangan yang dihadapi industri film adalah berkembangnya siaran televisi. Ketika semakin banyak orang mulai melirik televisi, penjualan tiket film mulai turun dan bioskop membutuhkan cara untuk menarik penonton.

Salah satu caranya adalah dengan mendesain fitur penuh warna, hingga layar lebar dengan fasilitas film tiga dimensi ( 3D).

Hari ini 66 tahun yang lalu, tepatnya pada 10 April 1953, film pertama dengan kualitas tiga dimensi diperkenalkan ke publik.

Dilansir dari History.com, bertempat di Paramount Theatre, New York, film berjudul The House of Wax mulai menunjukkan kecanggihan kualitas tayangan 3D kepada masyarakat.

Film ini diproduksi oleh Warner Brothers dan tercatat sebagai film 3D pertama. Film bergenre horor ini otomatis mendapatkan perhatian dari publik karena teknologi baru yang digunakan.

Tak hanya dari masyarakat New York saja, masyarakat dari luar kota juga datang untuk bisa menyaksikan teknologi 3D yang disuguhkan.

Baca juga: 28 Desember 1895, Pemutaran Film yang Jadi Cikal Bakal Bioskop Pertama

Mengubah cara

Beberapa pelopor film sebenarnya sudah mengembangkan teknologi pembuatan film 3D. Namun, tak ada perkembangan yang serius karena tanggapan kurang baik dari penonton.

Dominasi film dua dimenasi sudah banyak dikenal dan melekat pada masyarakat luas. Pada 1925, salah satu perusahaan bernama MGM menghasilkan alat yang mampu membuat penonton kagum.

Alat itu ternyata merupakan bagian dari teknologi 3D, sehingga ketika animasi diputar efek cahaya terlalu belebihan dan membuat silau.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber History
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X