Kemlu Tak Akan Laporkan Rizieq soal Pernyataan yang Dianggap Fitnah

Kompas.com - 02/04/2019, 15:09 WIB
Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemlu Lalu Muhammad Iqbal di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (2/4/2019). Kompas.com/Fitria Chusna FarisaDirektur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemlu Lalu Muhammad Iqbal di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (2/4/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Luar Negeri (Kemlu) tak akan melaporkan Rizieq Shihab soal tudingan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi yang meminta perwakilan di luar negeri, khususnya di Arab Saudi, memenangkan salah satu calon presiden.

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemlu Lalu Muhammad Iqbal mengatakan, pihaknya cukup membuat klarifikasi bahwa tudingan Rizieq adalah fitnah.

"Enggak ada (rencana melaporkan). Saya kira klarifikasi yang kami sampaikan ini sudah memadai. Yang penting publik tahu bahwa apa yang disampaikan itu tidak benar," kata Iqbal saat ditemui di KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (2/4/2019).

Menurut Iqbal, Rizieq mendapatkan informasi yang salah sehingga menyampaikan fitnah.


Baca juga: Kemlu: Video Rizieq Shihab soal Imbauan Menlu RI di Saudi Fitnah

Faktanya adalah Retno Marsudi melakukan kunjungan ke Konsulat Jenderal RI (KJRI) Jeddah, bukan Kedutaan Besar RI (KBRI) Riyadh.

Kunjungan itu juga dalam rangka perlindungan WNI. Dalam pertemuan Retno dengan stafnya, Menteri Retno selalu menyampaikan dua hal.

Pertama, memastikan pemilu berjalan dengan lancar. Meskipun penyelenggaranya adalah Panitia Pemungutan Luar Negeri (PPLN), perwakilan Kemenlu harus memberikan dukungan penuh.

"Yang kedua, semua diminta untuk bersikap profesional, netral, dan berintegritas. Bahkan seruan untuk bersikap netral itu juga disampaikan secara resmi, secara tertulis, kepada semua perwakilan," ujar Iqbal.

"Jadi enggak mungkin Menteri Luar Negeri mengarahkan kepada salah satu pasangan calon," lanjut dia.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X