Waketum PAN Maklumi Kader di Maluku yang Alihkan Dukungan ke Jokowi

Kompas.com - 28/03/2019, 17:57 WIB
Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) Bara Hasibuan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (12/12/2018). KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTOWakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) Bara Hasibuan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (12/12/2018).
Penulis Jessi Carina
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional Bara Hasibuan memaklumi kader di Maluku yang baru saja menyatakan dukungan untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Menurut Bara, hal ini harus dilakukan demi mendengar aspirasi masyarakat setempat.

"Dalam hal ini kami bisa mengerti kalau ada beberapa pengurus PAN di daerah yang merasa mereka harus berbeda dalam menentukan pilihan dalam pemilu presiden sesuai realita dari provinsi dan daerah mereka masing-masing," ujar Bara di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Baca juga: Kader PAN di Maluku Alihkan Dukungan ke Jokowi-Ma’ruf

Bara mengatakan dukungan untuk Jokowi memang cukup kuat di Maluku. Jokowi juga cukup sering mendatangi daerah itu. Menurut dia, ini yang mendorong kader PAN di Maluku mendukung calon presiden petahana itu secara terbuka dalam Pemilihan Presiden 2019.

Pada akhirnya, kata Bara, langkah kader di Maluku juga demi kepentingan PAN dalam Pemilihan Legislatif. Bara mengatakan, PAN tidak mendapatkan efek ekor jas atas pencalonan Prabowo-Sandiaga dalam Pilpres.

Oleh karena itu, dia bisa memaklumi jika kader di daerah menggunakan cara lain untuk mendapatkan suara. Meskipun cara yang digunakan harus bertentangan dengan keputusan DPP PAN.

"Tidak ada limpahan suara dari dukungan yang kami berikan kepada Prabowo. Jadi di sini memang pengurus daerah juga harus punya kreativitas dalam menentukan sikap termasuk soal dukungan kepada calon presiden," kata dia.

Sebelumnya, sejumlah kader dan calon anggota legislatif dari Partai Amanat Nasional di Provinsi Maluku mengalihkan dukungannya untuk memenangkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Pengalihan dukungan para kader dan caleg PAN di Maluku ini dilakukan dalam sebuah deklarasi yang berlangsung di salah satu hotel di Kota Ambon, Kamis (28/3/2019).

Baca juga: Dukung Jokowi-Ma’ruf, Sekretaris DPW PAN Maluku Siap Dipecat

Sekretaris DPW PAN Maluku, Peter Tatipikalawan mengatakan, pihaknya menggelar deklarasi dukungan terhadap pasangan Jokowi-Ma’ruf di Maluku lantaran ingin menyelamatkan PAN di wilayah Maluku.

"Kepentingan utama kami adalah Partai Amanat Nasional. Ini bukan kepentingan pribadi saya tapi kepentingan besar kami adalah menyelamatkan PAN di Maluku," kata Peter.

Peter yang juga pendiri PAN di Maluku ini mengungkapkan, alasan lainnya, pihaknya mendukung pasangan Jokowi-Ma’ruf karena pasangan tersebut sangat mendapatkan dukungan yang kuat di Maluku.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X