Pastikan Pemilu Sukses, Ini 9 Catatan Mendagri Tjahjo Kumolo

Kompas.com - 27/03/2019, 18:05 WIB
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Kewaspadaan Nasional dalam rangka penyelenggaraan Pemilu 2019 di Hotel Grand Paragon, Jakarta Pusat, Rabu (27/3/2019). KOMPAS.com/Devina HalimMenteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Kewaspadaan Nasional dalam rangka penyelenggaraan Pemilu 2019 di Hotel Grand Paragon, Jakarta Pusat, Rabu (27/3/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memiliki beberapa catatan untuk memastikan kesuksesan Pemilihan Umum 2019 yang akan berlangsung pada 17 April 2019.

Sembilan poin dalam catatan tersebut disampaikannya saat acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Kewaspadaan Nasional dalam rangka penyelenggaraan Pemilu 2019 di Hotel Grand Paragon, Jakarta Barat, Rabu (27/3/2019).

Tjahjo mengatakan, pemilu adalah agenda negara yang harus sukses.

"Pemilu ini ajang lima tahunan sesuai amanat konstitusi, karenanya ini agenda rutin yang harus dijamin kesuksesannya," kata Tjahjo.


Baca juga: Ini Tiga Jenis Serangan Siber pada Pemilu 2019 Menurut BSSN

Poin kedua, terkait sosialisasi pemilu untuk meningkatkan partisipasi masyarakat.

Berikutnya, penyelenggaraan pemilu harus dipastikan berjalan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

Poin keempat, sinergitas dan solidaritas lembaga atau kementerian terkait demi menyukseskan pemilu.

Kelima, Tjahjo juga berpesan perihal netralitas dan patuh terhadap hukum saat berkampanye bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun kepala daerah.

Kemudian, ia menyinggung soal deteksi dini potensi kerawanan dan respons cepat terhadap persoalan yang ada.

Baca juga: Wiranto Ingatkan Mereka yang Mengajak Golput pada Pemilu 2019

Tjahjo juga berpesan agar organisasi masyarakat (ormas) ikut dilibatkan untuk mengajak masyarakat mencoblos pada 17 April 2019.

"Saya mohon titip libatkan ormas kemasyarakatan yang cukup besar di negara kita ini, ada 400.000 lebih ormas, baik di tingkat nasional, tingkat provinsi, tingkat kabupaten/kota, kecamatan, sampai yang ada di tingkat paling bawah," kata Tjahjo.

Poin terakhir, langkah-langkah untuk mengantisipasi teror.

Tjahjo mengatakan dengan poin-poin tersebut dan deteksi yang telah dilakukan berbagai lembaga terkait, pagelaran pemilu diyakini dapat berjalan lancar.

DOK FOUNDING FATHERS HOUSE/DIAN PERMATA Partisipasi Pemilih dalam Pemilu Indonesia dari Masa ke Masa - (DOK FOUNDING FATHERS HOUSE/DIAN PERMATA)

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X