Kemenhub Siapkan 970 Bus untuk Mudik Gratis, Ini Cara Daftarnya

Kompas.com - 27/03/2019, 13:28 WIB
Ilustrasi bus. KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEAIlustrasi bus.
Penulis Mela Arnani
|
Editor Bayu Galih

KOMPAS.com — Idul Fitri 1440 Hijriah memang masih beberapa bulan lagi. Namun, para perantau sudah mulai mempersiapkan rencana mudik ke kampung halaman.

Bagi perantau yang menginginkan mudik gratis menggunakan moda transportasi bus, Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat memberikan fasilitas tersebut.

Kepala Subdirektorat Angkutan Barang Direktorat Angkutan Jalan Kemenhub Syaiful Bachri menyampaikan, akan ada 970 bus yang disiapkan untuk program mudik gratis ini.

Secara keseluruhan, jumlah bus tahun ini naik 11 persen dibandingkan tahun lalu. Dari kuota yang disediakan, hingga saat ini masih banyak kursi yang kosong.


"Sisa kuota kurang lebih 10.000 kursi (dari total kuota arus mudik sebanyak 43.650 orang)," kata Syaiful saat dihubungi Kompas.com, Rabu (27/3/2019).

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi memaparkan, pihaknya menargetkan dapat mengangkut sampai dengan 54.000 orang.

"Jumlah pemudik, jika pada 2018 terdapat 44.041 peserta mudik gratis, pada 2019 ini kami berencana dapat memulangkan masyarakat sampai 54.000 peserta mudik gratis dari Jabodetabek ke kota tujuan masing-masing. Jadi ada kenaikan 18 persen," ujar Budi.

Selain itu, lanjut Budi, Kemenhub juga memberikan fasilitas bagi masyarakat yang ingin membawa sepeda motor ke kampung halaman. Sebanyak 75 truk disiapkan untuk mengangkut 2.625 sepeda motor pada arus mudik Lebaran 2019.

Baca juga: Kemenhub Prediksi Bus Akan Jadi Primadona Mudik Lebaran 2019

Akan ada 40 kota tujuan mudik gratis Kemenhub ini:

  1. Jawa Barat: Cirebon, Banjarpatoman (via Tasikmalaya dan Ciamis), Kuningan.
  2. Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta: Slawi (via Tegal), Pemalang, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Kudus, Pati, Blora, Purwodadi, Salatiga, Boyolali, Solo, Sragen, Klaten, Wonogiri, Wonosari, Yogyakarta, Magelang, Temanggung, Wonosobo, Kebumen, Purwokerto, Banjarnegara, Cilacap.
  3. Jawa Timur: Madiun, Tuban, Mojokerto, Kediri, Malang, Pacitan.
  4. Sumatera: Lampung, Palembang, Padang.

Budi menambahkan, anggaran mudik gratis yang diberikan ini juga naik dibandingkan tahun lalu.

"Tahun lalu (2018) dianggarkan sebesar Rp 27 miliar. Pada 2019 ini anggaran naik menjadi Rp 34 miliar," ucap dia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X