Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terjatuh dari Kapal, ABK Ditemukan Tewas di Pelabuhan Samudera Kendari

Kompas.com - 23/03/2019, 23:37 WIB
Kiki Andi Pati,
Khairina

Tim Redaksi


KENDARI, KOMPAS.com – Seorang anak buah kapal (ABK) bernama Jarot (27) ditemukan tewas tenggelam setelah  jatuh dari kapal penangkap ikan di Pelabuhan Perikanan Samudera Kendari, Sabtu (23/3/2019).

Humas Search And Rescue (SAR) Kendari Wahyudi mengaku, pihaknya menerima laporan dari anggota Polsek Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3) Kendari bernama Iptu Nasir. Kecelakaan laut itu terjadi pada pukul 04.50 Wita.

"Sekitar pukul 07.10 Wita kami terima laporan dari Pak Iptu Nasir bahwa telah terjadi kondisi membahayakan jiwa manusia di mana seorang ABK terjatuh dari kapal," kata Wahyudi dalam keterangan tertulisnya, Sabtu siang.

Baca juga: Siswa SD Tercebur ke Embung Sedalam 4 Meter, Sempat Berteriak Minta Tolong Sebelum Tenggelam...

Berdasarkan laporan tersebut, tim Basarnas Kendari menuju tempat kejadian pukul 07.15 Wita untuk memberikan bantuan SAR.

Untuk melakukan pencarian, Basarnas Kendari menurunkan 10 personel yang terbagi dalam dua tim, dengan peralatan satu sekoci, satu perahu karet dan satu mobil ambulans dan peralatan selam.

Kemudian, pukul 08.10 Wita, tim Rescue Basarnas Kendari melakukan penyelaman di lokasi dan berhasil menemukan korban yang terjatuh di bawah kapal dengan kedalaman 7 meter dalam keadaan meninggal dunia.

“Korban kemudian dievakuasi ke Rumah Sakit Bhayangkara Kendari,” ujarnya.

Korban diketahui berasal dari Medan, Sumatera Utara, dan saat ini tinggal di sebuah rumah kos yang berhadapan dengan Pelabuhan Perikanan Samudera.

Kompas TV Sebuah mobil minibus yang dikendarai seorang ibu rumah tangga ini Rabu (6/3/2019) siangtercebur ke dalam anak sungai di Jalan Mayor HM Rasyad Nawawi, Kelurahan 9 Ilir, Kecamatan Ilir Timur 3. Warga sekitar yang melihat kejadian ini langsung menolong para penumpang dan sopir mobil yang terdiri dari ibu dan dua anak nya. Menurut keterangan kejadian berawal saat minibus dan sepeda motor bersenggolan di jalan. Pengendara mobil yang diduga panik dan hilang kendali justru menginjak gas mobil hingga menabrak besi pembatas jalan dan terjun ke dalam sungai. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini namun mobil #minibus yang #tercebur ke #sungai tak sempat di selamatkan dan tenggelam. Sementara itu anggota Laka Lantas Polresta #Palembang yang datang ke lokasi kejadian langsung menggelar olah TKP memintai keterangan sejumlah saksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com