Fadli Zon Sebut Harus ada Kajian Ilmiah soal Banjir Bandang di Jayapura

Kompas.com - 19/03/2019, 14:42 WIB
Seorang warga menyelamatkan barang berharga miliknya dari rumahnya yang terendam banjir akibat banjir bandang Sentani Jayapura, Papua, Senin (18/3/2019). Berdasarkan data BNPB tercatat sebanyak 77 orang meninggal dunia, 43 orang belum ditemukan, 74 orang luka-luka dan 4.226 orang mengungsi akibat banjir bandang yang melanda Sentani pada Sabtu (16/3). ANTARA FOTO/Gusti Tanati/ama.ANTARA FOTO/GUSTI TANATI Seorang warga menyelamatkan barang berharga miliknya dari rumahnya yang terendam banjir akibat banjir bandang Sentani Jayapura, Papua, Senin (18/3/2019). Berdasarkan data BNPB tercatat sebanyak 77 orang meninggal dunia, 43 orang belum ditemukan, 74 orang luka-luka dan 4.226 orang mengungsi akibat banjir bandang yang melanda Sentani pada Sabtu (16/3). ANTARA FOTO/Gusti Tanati/ama.

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua DPR Fadli Zon meminta pemerintah serius menangani bencana banjir bandang di Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua. Pemerintah harus mencari penyebab pasti bencana tersebut.

"Saya kira harus ada kajian yang serius kenapa terjadi banjir, apakah memang benar karena terjadi penggundulan hutan di Gunung Cyclop," ujar Fadli di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (19/3/2019).

Fadli mengatakan banyak pohon-pohon besar yang terbawa arus saat banjir terjadi. Menurut dia hal itu sangat berbahaya dan bisa menimbulkan banyak korban.

"Mudah-mudahan ini harus ada evaluasi terhadap itu supaya tidak terulang kembali, paling tidak diantisipasi," ujar Fadli.

Baca juga: 8 Warga Sulsel Tewas dan 2 Hilang saat Banjir Bandang di Jayapura

Fadli juga meminta pemerintah terus melayani para korban. Pemerintah diminta memprioritaskan semua korban khususnya yang masih bisa diselamatkan.

Adapun hingga Senin (18/3/2019) siang, korban meninggal dunia akibat bencana banjir bandang di Kabupaten Jayapura mencapai 72 orang, luka ringan 75 orang, luka berat 41 orang, pengungsi 4.739 orang.



Terkini Lainnya


Close Ads X