Data PoliticaWave soal Percakapan Netizen: Ma'ruf 58,26 Persen, Sandiaga 41,74 Persen

Kompas.com - 19/03/2019, 10:45 WIB
Calon wakil presiden nomor urut 01 Maruf Amin berjabat tangan dengan calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno dalam debat ketiga Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019) malam. Peserta debat ketiga kali ini adalah cawapres masing-masing paslon dengan tema yang diangkat adalah pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya.GARRY ANDREW LOTULUNG Calon wakil presiden nomor urut 01 Maruf Amin berjabat tangan dengan calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno dalam debat ketiga Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019) malam. Peserta debat ketiga kali ini adalah cawapres masing-masing paslon dengan tema yang diangkat adalah pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya.

JAKARTA, KOMPAS.com — Hasil survei media sosial yang dilakukan PoliticaWave menunjukkan penampilan calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin dalam debat ketiga Pilpres menggungguli penampilan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno.

"Secara keseluruhan, Pak Ma'ruf Amin mendominasi percakapan netizen di media sosial dengan perbandingan 58,26 persen berbanding 41,74 persen dari Sandiaga Uno," ujar Head of Analytics PoliticaWave Nadia Shabilla dalam siaran pers di Jakarta, Selasa (19/3/2019), seperti dikutip Antara.

Baca juga: Survei SMRC: Elektabilitas Jokowi-Maruf 57,6 Persen, Prabowo-Sandiaga 31,8 Persen

PoliticaWave melakukan pengamatan media sosial selama proses debat cawapres berlangsung.

Menurut Nadia, dalam percakapan publik di media sosial, pihaknya turut menganalisis sentimen komentar positif dan negatif di media sosial terkait dua pasangan cawapres yang sedang beradu argumen.

Baca juga: Berikut Catatan Janji Ma’ruf Amin dan Sandiaga dalam Debat Cawapres

Nadia menjelaskan, Ma'ruf Amin meraih persentase sentimen positif sebesar 98 persen dengan sentimen negatif sebesar 2 persen.

Adapun Sandiaga memperoleh sentimen positif 79 persen berbanding 21 persen.

Dia menilai, Ma'ruf Amin menguasai seluruh enam segmen dalam debat cawapres itu.

Nabila juga menambahkan, dari semua segmen dalam debat kemarin, Ma'ruf Amin meraih sentimen positif rata-rata di atas 97 persen.

"Dari hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa KH Ma'ruf unggul di semua segmen debat cawapres. Hal ini karena sosok KH Ma'ruf yang dianggap mampu menjelaskan semua permasalahan materi debat ditambah pembawaan yang tenang selama acara berlangsung," kata Nabila.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
SumberAntara

Close Ads X