Cak Imin Beri Skor Debat, Kiai Ma'ruf 90 Sandiaga 10

Kompas.com - 18/03/2019, 18:38 WIB
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar di kompleks parlemen, Jumat (25/1/2019). KOMPAS.com/JESSI CARINA Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar di kompleks parlemen, Jumat (25/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menilai penampilan calon wakil presien nomor urut 01 Ma'ruf Amin lebih baik daripada Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno pada debat ketiga Pilpres 2019.

Cak Imin, sapaannya, memberikan skor terhadap masing-masing Cawapres. Menurut dia, dalam debat yang digelar Minggu (17/3/2019), Ma'ruf pantas diberikan skor 90, sedangkan Sandiaga 10.

"Skor kalau 100, 90 lawan 10 lah," ujar Cak Imin melalui keterangan tertulis di sela-sela mendampingi Ma'ruf dalam acara silaturrahim yang digelar di Pondok Pesantren Babussalam, Mojoagung, Jombang, Senin (18/3/2019).

Baca juga: KPU Tak Lagi Undang Menteri di Debat Keempat dan Kelima

Menurut Cak Imin, penilaian tersebut proporsional. Pasalnya, menurut Cak Imin, dalam debat itu, Sandiaga banyak mengulang-ulang pernyataannya. Akibatnya, tema debat yang sebenarnya luas menjadi sempit.

Calon wakil presiden nomor urut 01 Maruf Amin berjabat tangan dengan calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno dalam debat ketiga Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019) malam. Peserta debat ketiga kali ini adalah cawapres masing-masing paslon dengan tema yang diangkat adalah pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya.GARRY ANDREW LOTULUNG Calon wakil presiden nomor urut 01 Maruf Amin berjabat tangan dengan calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno dalam debat ketiga Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019) malam. Peserta debat ketiga kali ini adalah cawapres masing-masing paslon dengan tema yang diangkat adalah pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya.
Selain itu, Cak Imin mengaku telah melihat respons masyarakat terhadap penampilan Ma'ruf dalam debat ketiga. Menurut dia, masyarakat memberikan respons yang positif terhadap penampilan Ma'ruf.

Baca juga: Berikut Catatan Janji Ma’ruf Amin dan Sandiaga dalam Debat Cawapres

Cak Imin tak heran dengan respons positif masyarakat tersebut. Karena, menurut dia, dalam debat tersebut Ma'ruf dapat menjelaskan visi dan misinya secara detail.

"Saya sendiri sangat kagum karena data-data yang begitu konkret, target-target yang jelas. Malah saya banyak yang enggak hafal data-data itu. Karena itu Insya Allah itu modal besar untuk kemenangan," papar anggota Dewan Pengarah TKN Jokowi-Ma'ruf ini.

"Alhamdulillah mulai dari paling atas sampai masyarakat paling bawah kami tanya apa kesimpulan atau respons masyarakat, Kiai Ma'ruf dibilang is the best," lanjut Cak Imin.

PKB merupakan satu dari sembilan partai politik pengusung pasangan Jokowi-Ma'ruf, selain PDI-P, PPP, PKB, Hanura, dan Nasdem. 

Kompas TV Pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, serta sosial dan budaya menjadi tema debat presidensial ketiga. Kali ini adalah sesama calon wakil presiden, yaitu nomor urut 01 Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Sandiaga Uno. Keduanya mengadu gagasan tentang dana riset untuk membuka lapangan kerja. Dalam debat, Ma'ruf dan Sandiaga bertarung jualan tentang riset dan ketenagakerjaan. #DebatKetigaCawapres #DebatPilpres2019

 

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X