Ini Strategi Ma'ruf Amin Wujudkan Tenaga Kerja yang Mumpuni

Kompas.com - 17/03/2019, 21:19 WIB
Calon wakil presiden nomor urut 01 Maruf Amin berbicara dalam debat ketiga Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019) malam. Peserta debat ketiga kali ini adalah cawapres masing-masing paslon dengan tema yang diangkat adalah pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Calon wakil presiden nomor urut 01 Maruf Amin berbicara dalam debat ketiga Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019) malam. Peserta debat ketiga kali ini adalah cawapres masing-masing paslon dengan tema yang diangkat adalah pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon wakil presiden nomor urut 01 Kiai Haji Ma'ruf Amin membeberkan apa yang dilakukannya bersama calon presiden Joko Widodo dalam rangka mewujudkan tenaga kerja yang mumpuni dan humanis.

Dalam debat kontestan Pilpres 2019 ketiga yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019) malam, Ma'ruf menegaskan bahwa kunci utama dalam mewujudkan tenaga kerja Indonesia yang mumpuni dan humanis adalah pendidikan.

"Kami akan merevitalisasi dunia pendidikan, baik SMK, politeknik, akademi-akademi dan akan kita kerjasamakan kepada kelompok dunia usaha dan dunia industri, supaya ada relevansi, link and match," ujar Ma'ruf.

Baca juga: Soal Stunting dan Kematian Ibu di Indonesia, Ini Solusi Para Cawapres

Selain itu, ia dan Jokowi akan mengembangkan latihan atau kursus tenaga kerja Indonesia melalui Balai Latihan Kerja (BLK) yang didirikan pemerintah secara masif.

Ma'ruf bersama Jokowi berencana memperkuat pelatihan itu dengan materi dari dunia digital.

"Dengan demikian, tenaga kerja kita akan bersaing dengan sertifikasi serta upaya-upaya pelatihan peningkatan skill, upskilling atau reskilling agar tenaga kerja kita bersaing di dalam dan luar negeri," ujar Ma'ruf.

Ma'ruf sekaligus menegaskan komitmennya untuk tidak hanya mementingkan penempatan kepada tenaga kerja Indonesia di luar negeri. Namun, juga akan mementingkan perlindungan mereka.

Kompas TV Jelang debat calon wakil presiden yang berlangsung pada Minggu (17/3), calon wakil presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin mengaku tidak memiliki persiapan khusus, tetapi dirinya menginginkan gelaran debat dilakukan secara santai. Ma'ruf menambahkan ada kemungkinan memasukkan ayat-ayat Al-Quran dalam debat bila diperlukan. #KampanyaMarufAmin #MarufAmin #RumahPemilu

 



Close Ads X