Penjelasan Dubes RI untuk Selandia Baru tentang Kondisi WNI Pasca-serangan Teroris

Kompas.com - 15/03/2019, 17:58 WIB
Lokasi penembakan di Selandia Baru, Jumat (15/3/2019).AFP Lokasi penembakan di Selandia Baru, Jumat (15/3/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Duta Besar Republik Indonesia untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya, mengatakan, Kedubes tengah menghubungi satu persatu warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Christchurch, pasca-peristiwa penembakan yang terjadi di masjid, Jumat (15/3/2019).

Dalam peristiwa ini, dua orang WNI menjadi korban yaitu bapak dan seorang anaknya.

"Bapak dalam keadaan kritis karena tembakan berkali-kali. Anaknya kena satu tembakan dan saat ini sudah kumpul sama ibunya," kata Tantowi melalui pesan tertulis yang diterima, Jumat petang.

Baca juga: Cerita Kalla soal Keamanan di Selandia Baru, Paspampres Tak Diizinkan Bawa Senjata


Tantowi menyebutkan, ada 344 WNI di Christchurch.

"Dan kami sedang kontak satu persatu. Kami terus melakukan komunikasi dengan polisi setempat dan warga kita di sana," kata dia.

Saat ini, lanjut Tantowi, perwakilan KBRI belum bisa bertolak ke Christchurch karena semua penerbangan ke sana dibatalkan.

"Airport ditutup dan baru dibuka besok. Situasi di Christchurch masih tegang. Semua di NZ (New Zealand) kaget dan mengutuk karena hal seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya," kata Tantowi.

Baca juga: Facebook dan YouTube Hapus Video Penembakan di Selandia Baru

Sebelumnya diberitakan, Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan, 40 orang tewas dan 20 lainnya luka parah dalam serangan teror di masjid Al Noor di kota Christchurch.

"Amat jelas insiden ini adalah sebuah serangan teroris. Dari apa yang kami tahu, serangan ini telah direncanakan dengan baik," kata Ardern.

"Dua bahan peledak dipasang di kendaraan milik tersangka. Keduanya sudah ditemukan dan dijinakkan," tambah Ardern,

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X