Partai Koalisi Usul agar Ma'ruf Amin Bawa Isu Lembaga Pendidikan Keagamaan Saat Debat

Kompas.com - 14/03/2019, 13:08 WIB
Calon wakil presiden nomor urut 01 Maruf Amin dalam sambutannya di Ponpes Babakan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Senin (25/12/2019), Dok media Jokowi-MarufCalon wakil presiden nomor urut 01 Maruf Amin dalam sambutannya di Ponpes Babakan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Senin (25/12/2019),

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Arsul Sani, mengatakan, isu yang akan dibahas Ma'ruf dalam debat ketiga begitu tergantung pada pertanyaan panelis.

Namun, partai pendukung memberi usulan kepada Ma'ruf untuk menyinggung topik lembaga pendidikan keagamaan.

"Ini memang juga permintaan beberapa partai koalisi khususnya PPP dan PKB, misalnya soal pendidikan nasional keagamaan di bawah masing-masing agama," ujar Arsul di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (14/3/2019).

Baca juga: Ini 6 Anggota Komite Damai untuk Debat Ketiga Pilpres 2019

"Dalam Islam itu misalnya ada pesantren, ada madrasah diniyah. Mungkin kalau yang Kristiani itu sekolah minggu, itu juga akan menjadi materi bahasan," tambah dia.

Arsul mengatakan, Ma'ruf juga sudah mempersiapkan diri terkait materi debat maupun urusan teknisnya.

Persiapan teknis itu terkait manajemen waktu saat debat.

"Jadi bukan soal mengajari Pak Kiai Ma'ruf berdebat karena kalau soal debat Beliau dari mudanya kan ada di lingkungan NU itu kan terbiasa dengan halaqoh, itu semua perdebatan," ujar Arsul.

Baca juga: Menguji Sang Wakil di Debat Ketiga

"Tetapi kan karena debat ini diatur oleh aturan tertentu, ya itulah yang kami harus pastikan bahwa dengan waktu yang pendek itu kemudian pesan-pesannya yang sampai itu efektif," lanjut dia.

Debat ketiga pilpres akan diselenggarakan pada Minggu (17/3/2019). Pesertanya adalah cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin dan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno.

Tema debat ketiga adalah pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya.

Debat ketiga pilpres akan digelar di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, oleh Trans 7, Trans TV, dan CNN Indonesia TV.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X