Realistis, AHY Targetkan Demokrat Berada di 4 Besar

Kompas.com - 14/03/2019, 12:14 WIB
Agus Harimurti Yudhoyono ketika ditemui di pasar Cipulir, Jakarta Selatan, Kamis (14/3/2019). KOMPAS.com/CHRISTOFORUS RISTIANTO Agus Harimurti Yudhoyono ketika ditemui di pasar Cipulir, Jakarta Selatan, Kamis (14/3/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Komandan Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan, pihaknya menargetkan berada di urutan empat besar atau meraih suara minimal 10 persen pada pemilu legislatif 2019.

Pada Pemilu 2014, Demokrat memperoleh 12.728.913 suara (10,19 persen). Dengan suara itu, Demokrat berada di urutan empat perolehan kursi di DPR.

"Target Pileg secara nasional, paling tidak berharap tetap double digit, bukan single digit. Pada Pemilu 2014 lalu, Demokrat meraih 10,9 persen, tapi kami yakin tahun ini bisa lebih baik," ujar AHY ketika ditemui saat blusukan di Pasar Cipulir, Jakarta Selatan, Kamis (14/3/2019).

"Kami targetkan bisa masuk empat besar seperti di Pemilu 2014. Makanya, di minggu terakhir kita tingkatkan efektifitas dari kerja lapangan," tambah dia.

Baca juga: AHY: Demokrat Tidak Bisa Berharap pada Coattail Effect

Semula, kata AHY, Demokrat memang memiliki target yang lebih tinggi lagi pada Pileg 2019.

Namun demikian, dirinya realistis bahwa efek elektoral terbesar saat ini hanya dinikmati oleh dua partai politik, yaitu PDI-P dan Gerindra. Hal itu berkaitan dengan Pilpres.

Capres Joko Widodo merupakan kader PDI-P, sementara Prabowo Subianto Ketua Umum Gerindra.

Baca juga: Pidato Politik AHY, dari soal Program Zaman SBY hingga Nurhadi-Aldo

"Makannya Demokrat harus bekerja keras. Parpol lainnya juga memiliki tantangan serupa seperti kita, tidak terlalu besar efek elektoral Pilpres terhadap Demokrat," paparnya.

Meskipun efek ekor jas tidak terlalu besar, AHY tetap optimistis Demokrat bisa meraih hasil Pileg yang maksimal.

"Kami harap hasilnya lebih dari Pemilu 2014 lalu. Itu adalah ikhtiar dan perjuangan kami di lapangan," jelasnya.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X