Jubir: Kenyataannya Acara Prabowo-Sandiaga Selalu Ramai, Jokowi-Ma'ruf Sepi-sepi Saja

Kompas.com - 11/03/2019, 16:10 WIB
Juru bicara Badan Pemenangan Nasional pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (BPN) Ferdinand Hutahaean di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). KOMPAS.com/ABBA GABRILLINJuru bicara Badan Pemenangan Nasional pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (BPN) Ferdinand Hutahaean di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (BPN) Ferdinand Hutahaean mengatakan, pihaknya saat ini sulit untuk memercayai hasil survei dari lembaga tertentu.

Hal itu disampaikannya saat dimintai tanggapannya terkait hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang menunjukkan elektabilitas pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin lebih tinggi ketimbang pasangan Prabowo-Sandiaga.

"Bagi kami saat ini sangat sulit untuk memercayai hasil survei," ujar Ferdinand saat dihubungi, Senin (11/3/2019).

Pasalnya, menurut Ferdinand, hasil survei seringkali berbeda dengan kenyataan di lapangan.

Baca juga: TKN: Survei Internal BPN Semau Dia Sendiri, Mau Menang atau Kalah...

Ia mengatakan, kerap kali acara yang dihadiri Prabowo-Sandiaga ramai didatangi oleh masyarakat.

Hal ini berbeda jika dibandingkan acara yang dihadiri oleh Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Menurut kami, hasil yang dirilis sangat jauh berbeda dengan realita di lapangan. Kita melihat setiap hari bagaimana acara Prabowo-Sandi sangat ramai, penuh sesak. Berbeda dengan acara Jokowi-Ma’ruf yang hanya sepi-sepi saja. Dan ini agak aneh dna menjadi aneh jika surveinya lebih tinggi," kata dia.

Di sisi lain, lanjut Ferdinand, pihaknya sulit untuk memercayai hasil survei, apalagi jika lembaga survei tersebut tidak merilis pihak-pihak yang membiayainya.

"Jadi bagi kami, hasil-hasil lembaga survei sekarang hanya bunga-bunga demokrasi saja dan mereka kami anggap bagian dari sebuah opini semata," kata Ferdinand.

Baca juga: Survei Internal Nyatakan Prabowo-Sandi Unggul, TKN Sebut Kubu 02 Sedang Menghibur Diri

Sebelumnya, Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) melakukan survei kepada 1.426 responden yang mewakili seluruh provinsi di Indonesia.

Peneliti menanyakan, seandainya pemilu dilakukan sekarang, siapa pasangan capres dan cawapres yang akan dipilih.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X