FBR: Pak Jokowi Lebih Betawi dari Orang Betawi

Kompas.com - 10/03/2019, 20:01 WIB
Calon Presiden Joko Widodo (tengah) berorasi saat menghadiri deklarasi Alumni Jabar Ngahiji di Monumen Perjuangan Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (10/3/2019). Deklarasi untuk mendukung capres nomor urut 01 itu mengangkat tema ayo bung satu kembali. ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAYCalon Presiden Joko Widodo (tengah) berorasi saat menghadiri deklarasi Alumni Jabar Ngahiji di Monumen Perjuangan Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (10/3/2019). Deklarasi untuk mendukung capres nomor urut 01 itu mengangkat tema ayo bung satu kembali.
Penulis Jessi Carina
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ormas Forum Betawi Rempug ( FBR) memiliki alasan sendiri dalam memutuskan dukungan untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Dalam deklarasi yang ditulis oleh Ketua Umum FBR Luthfi Hakim, salah satunya karena Jokowi lebih memerhatikan budaya Betawi.

Deklarasi tersebut dibacakan oleh pengurus pusat FBR Zaenudin HG.

"Kenapa dukungan harus diberikan? Pertama, Pak Jokowi terbukti lebih tegas komitmennya dalam menjaga Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Kedua, sosok Pak Jokowi lebih Betawi dari orang Betawi itu sendiri," ujar Zaenudin dalam deklarasi yang dibacakan di Lapangan Ruko Puri Mansion, Kembangan, Minggu (10/3/2019).

Baca juga: Jokowi Perkenalkan KIP Kuliah, Anak Tak Mampu Bisa Kuliah hingga ke Luar Negeri

Ormas FBR mengingat jasa-jasa Jokowi ketika masih menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta. Ketika itu Jokowi membuat peraturan gubernur yang mewajibkan pegawai Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengenakan baju sadariah Betawi sebagai salah satu seragam kerja.

Kemudian, Jokowi juga membuat aturan agar gedung-gedung pemerintahan di Jakarta diberikan ornamen Betawi.

"Pak Jokowi juga membereskan pembangunan Setu Babakan yang sudah tertunda lebih dari 10 tahun," kata Zaenudin.

Baca juga: Jokowi: Kalau Ada Ulama Tidak Lakukan Pidana tetapi Masuk Sel, Akan Saya Keluarkan

Ormas FBR juga merasa bangga dengan Jokowi yang masih mempromosikan kebudayaan Betawi ketika menjabat sebagai presiden. Jokowi mengenakan baju adat Betawi pada acara-acara kenegaraan termasuk ketika menerima tamu dari luar negeri.

Dengan dukungan ini, ormas FBR berharap Jokowi bisa terus memperjuangkan aspirasi masyarakat Betawi. Deklarasi itu ditutup dengan pantun yang menjadi ciri khas warga Betawi.

"Pohon sawi kembang sagu. Ikan sepat ikan gurame. Warga Betawi mari bersatu. Dukung Pak Jokowi rame-rame," ujar Zaenudin yang juga menjabat sebagai ketua departemen dakwah itu.

Kompas TV Untuk menarik suara kaum milenial, relawan pendukung capres nomor urut 01, #Jokowi-#Ma'ruf Amin menggelar deklarasi politik dengan cara yang santai di Bangkalan, Jawa Timur, Sabtu (9/3). Kelompok relawan yang menamakan diri Barikade Jokowi Bangkalan ini menggelar aksi #flashmob dengan tujuan untuk menggaet anak muda. Tujuannya untuk mendukung Jokowi-Maruf Amin. Selain menarik dukungan dari pemilih pemula, para relawan juga disiapkan untuk menangkal hoaks yang dinilai menyudutkan Jokowi-Ma’ruf Amin.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X