Politisi Gerindra Minta Ormas Bantu Yakinkan Anggota DPR soal Pentingnya RUU PKS

Kompas.com - 08/03/2019, 18:25 WIB
Politisi Partai Gerindra, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo. istimewaPolitisi Partai Gerindra, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo.
Penulis Jessi Carina
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Panja Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual ( RUU PKS) Rahayu Saraswati Djoyohadikusumo meminta bantuan kepada masyarakat yang ada di organisasi penyandang disabilitas untuk membantu penyelesaian RUU ini.

Caranya dengan meyakinkan anggota panja lain mengenai pentingnya RUU ini. Hal ini disampaikan ketika menerima audiensi dari sejumlah organisasi penyandang disabilitas yang meminta RUU PKS segera dituntaskan.

"Sekali lagi sejujurnya kami masih agak sedikit prihatin adanya rekan kami yang belum mengerti perspektif korban. Bagaimana mau mengerti perspektif korban kalau perspektif gender saja belum mengerti," ujar Sara di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (8/3/2019).

"Masukan kami, bantu kami untuk membantu meyakinkan teman-teman," tambah dia.


Baca juga: KPPA Targetkan RUU PKS Disahkan Agustus 2019

Sara mengatakan masih banyak anggota panja yang merasa RUU PKS belum diperlukan. Mereka merasa UU KUHP yang ada saat ini sudah cukup untuk melindungi perempuan.

Anggota panja yang memiliki pandangan berbeda soal RUU ini juga mendengar masukan dari pakar hukum yang tidak mendukung RUU PKS. Oleh karena itu, Sara menilai penting bagi organisasi masyarakat semacam ini memberi pandangan baru bagi rekan-rekannya.

Sara memberikan arahan spesifik kepada pengurus organisasi yang hadir. Mereka diminta melakukan audiensi langsung dengan pimpinan fraksi masing-masing partai dan anggota yang masuk dalam Panja RUU PKS.

"Karena kalau ngomongnya sama anggota Komisi VIII tetapi enggak masuk di panja, sama saja bohong," kata Sara.

Sara berharap audiensi ini bisa mereka lakukan sebelum bulan Mei 2019. Sebab rencananya pembahasan RUU PKS akan dilanjutkan pada bulan itu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X