Unggul di Berbagai Survei, TKN Jokowi-Ma'ruf Klaim Punya yang Lebih Spesifik

Kompas.com - 06/03/2019, 18:23 WIB
Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G Plate di Kompleks Parlemen, Senin (11/2/2019). KOMPAS.com/JESSI CARINA Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G Plate di Kompleks Parlemen, Senin (11/2/2019).
Penulis Jessi Carina
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Johnny G Plate mengaku pihaknya juga memiliki survei internal yang tidak dipublikasikan. Hal ini disampaikan ketika ditanya soal elektabilitas Jokowi-Ma'ruf yang unggul di berbagai survei salah satunya survei LSI Denny JA.

Johnny mengatakan survei internal mereka lebih detail dari hasil lembaga survei lain yang dipublikasikan.
 
"Survei internal tidak banyak jauh berbeda dari yang disampaikan pada publik secara umum, tetapi survei internal itu spesifik dan detail," ujar Johnny di Kompleks Parlemen, Rabu (6/3/2019).

Survei internal TKN Jokowi-Ma'ruf tidak dibuat berdasarkan tingkat nasional melainkan per provinsi. Dengan begitu, TKN mengetahui daerah mana yang elektabilitasnya harus diperkuat.

Baca juga: Tanggapi Survei LSI, TKN Semakin Yakin Tren Kenaikan Elektabilitas Jokowi-Maruf


Namun jika melihat hasil survei LSI Denny JA, Johnny puas karena Jokowi-Ma'ruf tidak hanya unggul dari Prabowo-Sandiaga. Selisih keduanya juga di atas 20 persen. Johnny mengatakan kenaikan elektabilitas Jokowi-Ma'ruf juga cenderung konsisten.

"Ini menandakan ada peningkatan elektabilitasnya Pak Jokowi dan juga menggambarkan elektabilitas Prabowo yang stagnan," kata dia.

Sebelumnya, survei paling baru dari LSI Denny JA ini menunjukan Jokowi-Ma'ruf masih lebih unggul daripada Prabowo-Sandiaga. Survei ini dilakukan dengan simulasi surat suara.

Baca juga: Menurut Survei LSI Denny JA, Mayoritas Pemilih Muslim Memilih PDI-P

Pada Februari 2019, sebanyak 58,7 persen responden memilih Jokowi-Ma'ruf dan 30,9 persen responden memilih Prabowo-Sandiaga.

Kemudian, ada suara tidak sah 0,5 persen dan sebanyak 9,9 persen menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab. Adapun, pengumpulan data untuk survei Februari 2019 dilakukan pada 18-25 Februari 2019.

Penelitian ini menggunakan metode multistage random sampling dengan melibatkan 1.200 responden. Proses pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka dan menggunakan kuesioner. Margin of error dalam penelitian ini lebih kurang 2,9 persen.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X