DPR Optimistis Rampungkan 4 RUU Sebelum Pemilu 2019

Kompas.com - 05/03/2019, 18:48 WIB
Politisi Partai Gerindra, Supratman Andi Atgas di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/11/2015)KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Politisi Partai Gerindra, Supratman Andi Atgas di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/11/2015)

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Badan Legislasi DPR RI Supratman Andi Agtas mengaku optimistis DPR dapat mengesahkan empat rancangan undang-undang pada masa persidangan IV atau sebelum Pemilu 2019. Masa persidangan IV dimulai pada 4 Maret 2019 dan berakhir pada 11 April 2019.

Adapun keempat RUU tersebut adalah RUU tentang Perkoperasian, RUU tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat, RUU tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah, dan RUU tentang Ekonomi Kreatif.

”Minimal dalam masa persidangan ini 4 RUU yang bisa kita sahkan," ujar Supratman dalam sebuah diskusi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (5/3/2019).

Baca juga: Atasi Tumpang Tindih Regulasi, Jokowi Akan Bentuk Pusat Legislasi Nasional


Supratman menjelaskan, saat ini dua RUU telah berada dalam tahap finalisasi di tim perumus, yakni RUU tentang Perkoperasian dan RUU tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

Dengan demikian, tidak ada lagi permasalahan terkait materi dan substansi RUU dalam proses pembahasannya di Komisi VI.

Sementara itu, ia meyakini proses pembahasan RUU tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah, dan RUU tentang Ekonomi Kreatif dapat dipercepat.

"Jadi hanya tinggal penyempurnaan dan redaksional. Secara substansial sudah tidak ada masalah," kata Supratman.

Baca juga: UU MD3 Dianggap Jadi Contoh Buruknya Kualitas Legislasi DPR

"Termasuk RUU Ekonomi Kreatif. Satu lagi RUU tentang Ibadah Haji dan Umroh yang ada di Komisi VIII. Juga hal yang sama harusnya bisa diselesaikan. Kalau ini bisa dipercepat terutama dari sisi kehadiran pemerintah dalam pembahasan RUU itu maka seharusnya ini bisa disahkan," ucap dia.

Sebelumnya, Ketua DPR Bambang Soesatyo mengungkapkan bahwa dirinya optimistis empat RUU dapat disahkan pada masa persidangan IV.

Ia pun meminta seluruh pimpinan dan Anggota Alat Kelengkapan Dewan, bersama dengan pemerintah, untuk fokus meningkatkan kinerja di bidang legislasi.

Selain itu, kata Bambang, pemerintah juga harus ikut memberikan solusi dalam menyelesaikan pembahasan RUU yang sudah ditetapkan bersama dalam Prolegnas.

"Jika komitmen pemerintah sama dengan DPR, maka pembahasan setiap RUU akan mudah untuk diselesaikan," ujar Bambang saat berpidato dalam Rapat Paripurna pembukaan masa sidang IV di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/3/2019).

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X