Wapres Kalla Usulkan SKPD Punya Sertifikasi

Kompas.com - 05/03/2019, 16:24 WIB
Wapres Jusuf Kalla Kompas.com/Rakhmat Nur HakimWapres Jusuf Kalla

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengusulkan agar Satuan Kerja Perangkat Daerah ( SKPD) memiliki sertifikat untuk menjalankan tugasnya.

Hal itu disampaikan Kalla dalam acara Ikatan Alumni Pelatihan Kepemimpinan Nasional di Kantor Lembaga Administrasi Nasional (LAN), Jakarta, Selasa (5/3/2019).

"Kalau guru mengajar punya sertifikat, masa kepala dinas bekerja tanpa sertifikat. Kalau mau jadi Kadis Kesehatan harus punya sertifikat dari kesehatan. Kementerian Perdagangan, harus ikut pelatihan perdagangan," kata Kalla saat menyampaikan pidato sambutannya.

Kalla menilai, birokrasi harus memahami berbagai sektor yang diurusnya.


Sebab, kata Kalla, seorang birokrat bisa mengurusi permasalahan perdagangan dan di kemudian hari bisa ditugaskan untuk mengurus masalah kehutanan.

Oleh karena itu, ia meminta lulusan Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN) mengikuti berbagai pelatihan dan pendidikan di bidang yang akan ia pimpin.

"Katakanlah yang lulus IPDN. Maka dia harus kalau mau jadi Kadishub harus ikut pelatihan atau pendidikan. Jadi di birokrasi tidak satu (bidang). Kami lagi kaji bahwa untuk menjadi kepala dinas di daerah harus punya sertifikat," ujar Kalla.

"Jangan karena dekat dengan bupati, maka langsung tunjuk jadi kepala dinas. Itu yang kita butuhkan seperti itu. Harus punya sertifikat," lanjut dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X