Menurut Jokowi, Dangdut dan Keroncong Lebih Bagus dari K-Pop

Kompas.com - 04/03/2019, 19:12 WIB
Presiden Joko Widodo memberikan arahan kepada siswa SMA Taruna Nusantara di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (4/3/2019). Presiden menyampaikan bahwa siswa harus berani menghadapi era industri digital, turut menjaga persatuan Indonesia serta menangkal beredarnya hoax. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/Spt. Akbar Nugroho GumayPresiden Joko Widodo memberikan arahan kepada siswa SMA Taruna Nusantara di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (4/3/2019). Presiden menyampaikan bahwa siswa harus berani menghadapi era industri digital, turut menjaga persatuan Indonesia serta menangkal beredarnya hoax. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/Spt.

BOGOR, KOMPAS.com - Menurut Presiden Joko Widodo, dangdut dan keroncong jauh lebih bagus dibandingkan Korea Pop. Hal itu dikemukakan Presiden Jokowi di depan 371 siswa siswi SMA Taruna Nusantara di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (4/3/2019).

Awalnya, Presiden menyinggung mengenai pemerintahan yang mulai menggencarkan kembali pendidikan karakter bangsa serta budi pekerti di sekolah-sekolah.

Menurut Presiden, apabila anak muda di Indonesia telah memahami dan mengimplementasikan karakter bangsa dan budi pekerti dengan baik, tidak perlu lagi takut dengan 'serbuan' budaya asing.

"Kalau kita sudah sadar dengan budaya kita sendiri, yakni karakter ke-Indonesia-an yang kita miliki, ya enggak perlu khawatir akan masuknya budaya luar ke negara kita," ujar Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi Wanti-wanti Pelajar Indonesia soal Perubahan Dunia

Ia mencontohkan salah satu budaya asing itu, yakni Korea Pop.

Meskipun, menurut Jokowi, musik Indonesia lebih bagus dibandingkan dengan K-Pop.

"Kita boleh saja lihat K-Pop. Tapi kan kita juga mempunyai musik yang lebih bagus. Keroncong, dangdut dan lagu-lagu daerah yang kita miliki," ujar Jokowi.

"Ya kalau tetap mau nonton (K-Pop) silahkan, hanta untuk pembanding saja, enggak masalah," lanjut dia.

Presiden menegaskan, pemerintah akan terus mendorong pemahaman karakter kebangsaan, budi pekerti, sopan santun dan tata krana bagi anak muda di Indonesia supaya ketahanan bangsa terwujud.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X