AHY: Demokrat Tidak Bisa Berharap pada "Coattail Effect"

Kompas.com - 02/03/2019, 20:10 WIB
Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat menyampaikan pidato politik bertajuk Rekomendasi Partai Demokrat Kepada Presiden Indonesia Mendatang di ballroom Djakarta Theatre, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2019) malam. KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTOKomandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat menyampaikan pidato politik bertajuk Rekomendasi Partai Demokrat Kepada Presiden Indonesia Mendatang di ballroom Djakarta Theatre, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2019) malam.

JAKARTA, KOMPAS.com - Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menyebut, partainya fokus pada pemenangan pemilu legislatif (pileg).

Sebagai partai yang tak mengusung capres maupun cawapres, Demokrat tidak berharap pada efek ekor jas (coattail effect) dari pemilu presiden.

"Sejak awal kami semua sepakat bahwa Partai Demokrat akan berorientasi pada perjuangan calegnya, tidak bisa terlalu berharap pada efek ekor jas dari pilpres atau dari partai secara keseluruhan, karena caleg lah yang berada di depan," kata AHY di kantor DPP Partai Demokrat, Sabtu (2/3/2019).

Baca juga: AHY: Strategi Demokrat Kampanye ke Rumah, Kedai, sampai Warung Kopi

AHY mengatakan, hanya ada dua partai yang diuntungkan dari pelaksanaan pemilu serentak. Kedua partai itu adalah yang mengusung kadernya sebagai capres atau cawapres.

Oleh karenanya, Demokrat mengusung strategi yang berorientasi pasa pemenangan caleg.

Menurut AHY, jika seorang caleg populer, rajin turun ke lapangan dan punya program-program yang rasional untuk rakyat, maka mereka punya peluang untuk menang.

"Tapi kami juga tidak tinggal diam, justru dari pusat saya sendiri sebagai Komando Kogasma, melakukan supporting system, memberikan dukungan penuh pada caleg yang berjuang di sana sini," ujarnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X