Soekarwo: 86 Persen Caleg Demokrat Jatim Dukung Jokowi

Kompas.com - 02/03/2019, 18:54 WIB
Mantan gubernur Jawa Timur Soekarwo usai menghadiri pelantikan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/2/2019). KOMPAS.com/IhsanuddinMantan gubernur Jawa Timur Soekarwo usai menghadiri pelantikan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/2/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur  Soekarwo mengatakan, sebanyak 86 persen calon legislatif partainya di Jawa Timur mendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Sementara sisanya, sebanyak 14 persen caleg mendukung paslon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Pada saat awal kan saya survei juga, 86 persen itu caleg Demokrat itu ke Pak Jokowi, 14 persen itu (ke Pak Prabowo), itu kan sudah beberapa bulan yang lalu, hampir 6 bulan yang lalu," kata Soekarwo di kantor DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (2/3/2019).

Baca juga: Puja-puji Soekarwo untuk Jokowi...

Selain itu, Soekarwo menyebut, pemilih di Jawa Timur sebagian besar mendukung Jokowi.

Oleh karenanya, strategi pemenangan Demokrat harus memperhitungkan kondisi-kondisi tersebut.

Soekarwo mengatakan, ia bertanggug jawab atas pemenangan Demokrat di wilayah timur. Sebab, dirinya telah didaulat sebagai Koordinator atau Panglima Wilayah Timur.

Atas tanggung jawab itu, ia menyiapkan sejumlah strategi.

"Pertama, sudah saya kumpulkan 23 daerah itu, saya minta mapping, saya kirimkan matriknya," ujar Soekarwo.

"Kedua, dari data matrik itu saya, ini kan agregat dari DPR RI, mengapa mereka kok naik, mengapa kok turun, mereka stagnan seperti apa," sambungnya.

Soekarwo menambahkan, pihaknya terus melakukan koordinasi dalam strategi pemenangan.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X