Presiden Jokowi Bagikan Kartu Indonesia Pintar kepada Pelajar di Gorontalo

Kompas.com - 01/03/2019, 19:42 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berdialog dengan tiga orang perwakilan pedagang penerima kredit Ultra Mikro di Pasar Sentral Kota Gorontalo, Jumat (1/3/2019). KOMPAS.com/ROSYID AZHARPresiden Joko Widodo (Jokowi) saat berdialog dengan tiga orang perwakilan pedagang penerima kredit Ultra Mikro di Pasar Sentral Kota Gorontalo, Jumat (1/3/2019).

GORONTALO, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk pelajar di Provinsi Gorontalo, di Gelanggang Olahraga David Tony, Kabupaten Gorontalo, Jumat (1/3/2019).

"Untuk siswa SD, di kartu terdapat anggaran atau dana Rp 450.000, SMP Rp 750.000 dan SMA Rp 1 juta, cukup tidak?," tanya Jokowi kepada ribuan siswa yang hadir.

Baca juga: Jokowi Janjikan Anggaran Sangat Besar untuk KIP Kuliah

Presiden Jokowi sekaligus mengingatkan bahwa dana KIP hanya boleh digunakan untuk kegiatan yang terkait dengan pendidikan/sekolah.

"Bagi yang ingin melanjutkan kuliah, nanti ada KIP Kuliah baik untuk mahasiswa di universitas maupun politeknik," lanjutnya.

Di kesempatan yang sama, Mendikbud Muhadjir Effendy menyebutkan, 4.000 siswa penerima KIP untuk Provinsi Gorontalo hadir dalam acara tersebut.

Baca juga: Tawarkan Program Baru, Jokowi Janjikan Kartu Sembako Murah, KIP Kuliah, dan Kartu Pra-Kerja

Mereka adalah penerima KIP tahun 2018 yang belum mencairkan dana bantuan KIP.

"Saat ini juga mereka bisa mencairkan karena kami telah mendatangkan mitra bank penyalur yaitu BNI dan BRI," katanya.

Ia mengharapkan, kehadiran 4.000 siswa itu bisa mendorong siswa lain yang belum hadir di acara tersebut untuk segera mencairkan dan memanfaatkan dana yang ada di kartu mereka masing-masing.

Baca juga: Program KIS dan KIP Bersumber dari Pengalaman Pahit Masa Lalu Jokowi, Ini Ceritanya di Pidato Kebangsaan Sentul...

Muhadjir menyebutkan, jumlah siswa penerima Program Indonesia Pintar Tahun 2019 untuk semua jenjang sekolah se-Provinsi Gorontalo adalah 80.502 siswa dengan nilai uang Rp 41,17 miliar.

"Data penerima akan bertambah seiring dengan adanya usulan penerima baru," kata Muhadjir.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Antara
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X