Menkominfo Ajak Media Arus Utama Bersama Berantas Hoaks

Kompas.com - 01/03/2019, 14:53 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di Ekonomi Outlook 2019, Jakarta, Selasa (8/1/2019) Dok Kemenko Perekonomian Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di Ekonomi Outlook 2019, Jakarta, Selasa (8/1/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengajak media arus utama bersama pemerintah memberantas hoaks yang bermunculan.

Hal itu disampaikan Rudiantara dalam Rapat Kerja Nasional Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Rudiantara menyatakan, saat ini tingkat kepercayaan masyarakat terhadap media arus utama meningkat. Hal itu, kata Rudiantara, terbukti lewat laporan Edelman Indonesia di awal tahun 2018.

"Laporan Edelman awal tahun 2018, menunjukan peningkatan kepercayaan, trust, terhadap media arus utama di Indonesia itu naik. Menjadikan Indonesia nomor dua setelah China. Tapi China beda lah politiknya. Tapi trust-nya itu demikian tinggi," kata Rudiantara.

Baca juga: Hoaks Sepekan, Video Kampanye Hitam hingga WN China Punya E-KTP

Karena itu, ia meminta parstispasi aktif media arus utama, khususnya yang berbasis online, untuk membantu pemerintah memberantas hoaks.

Sebab, lanjut Rudiantara, jika hal tersebut hanya dilakukan pemerintah maka tak akan terkejar lantaran jumlah hoaks yang muncul sangat banyak.

Baca juga: Instruksi Jokowi ke Kapolri, Tindak Penyebar Hoaks di Medsos atau Rumah ke Rumah

Ia menambahkan, jika hoaks menyangkut pemerintah maka Kementerian Kominfo bisa cepat mengklarifikasi dan memvalidasinya. Namun, jika hoaksnya di luar pemerintahan, klarifikasi dan validasi biasanya memakan waktu lebih lama.

"Memerangi hoaks itu pemerintah tidak bisa sendiri. Teman-teman mempunyai kemampuan. Saya ingin kerja sama dengan teman-teman. Bentuknya seperti apa nanti kita rembukan," lanjut Rudiantara.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X